Dengan Membaca Ini, Anda Akan Paham ‘Makna Cinta’ Sesungguhnya

Single / 22 September 2015

Kalangan Sendiri

Dengan Membaca Ini, Anda Akan Paham ‘Makna Cinta’ Sesungguhnya

Lori Official Writer
8023

Cinta adalah topik pembahasan yang tak akan pernah bosan untuk diperbincangkan. Cinta bahkan menjadi ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk lagu-lagu romantis yang manis, dan hampir setiap orang berpendapat serupa bahwa kebahagiaan hidup sesungguhnya adalah ketika menemukan cinta dari seseorang yang bersedia hidup bersama dengannya.

Tetapi pernahkah Anda sejenak berpikir tentang apa itu makna cinta yang sesungguhnya? Anda mungkin punya sejumlah jawaban tentang pertanyaan ini. Atau Anda mendapatkan jawaban dari lagu-lagu yang ditulis tentang makna cinta, salah satunya adalah Haddaway, What Is Love, lagu di era 90-an atau John Mayer, Love Is A Verb.

Selama beberapa dekade terakhir, para peneliti telah mencoba untuk menggali hal yang paling membuat mereka penasaran, yaitu alasan tentang apa yang membuat seseorang jatuh cinta, apa itu cinta dan mengapa kita harus menempatkan cinta di tempat pertama? Namun hasil penelitian itu masih mencoba mendefinisikan tentang kandungan apa yang terdapat di dalam ‘cinta’ dan bagaimana kita bisa mengartikannya.

Penelitian terbaru oleh Hatfield (2012) menyebutkan, para peneliti selama kurun waktu 60 tahun belakangan menemukan sebanyak 33 skala berbeda yang digunakan untuk mengukur cinta. Setiap skala ini mendefinisikan cinta secara berbeda, tetapi salah satu skala yang paling umum digunakan, disebut dengan Triagular Theory of Love Scale (Teori Segitiga Untuk Skala Cinta) mendefinisikan makna cinta dalam tiga kandungan, yaitu:

Hasrat/gairah

Hasrat atau gairah adalah gambaran umum yang dipikirkan oleh setiap orang saat berbicara tentang cinta. Gairah cinta mengacu pada ketertarikan fisik satu sama lain dan keinginan bersama antara dua pribadi. Itu yang kita sebut daya tarik, keinginan secara seksual, dan fisik dalam sebuah hubungan.

Namun gairah juga mengacu kepada obsesi terhadap orang lain dengan cara yang sehat. Anda pasti pernah mendengar bahwa setiap orang yang jatuh cinta akan mabuk kepayang dan membuat seseorang menjadi ‘gila’. Dalam artian, orang yang jatuh cinta hanya mengisi pikirannya kepada seseorang yang menarik hatinya. Inilah yang disebut dengan aspek ‘kegilaan’ dalam cinta.

Keintiman                                    

Keintiman cinta itu sangat dalam, mencakup antara kepemilikan antara dua pribadi. Hal ini mengacu pada dua orang yang benar-benar dekat secara emosi karena mereka saling peduli, memperhatikan, membantu,dan membutuhkan satu sama lain.  Ketika pria dan wanita sudah memiliki keintiman yang tinggi, mereka akan berkomunikasi dengan sangat baik dan sesering mungkin, serta cenderung berbagi banyak hal dalam hubungan mereka. Inilah yang sering disebut sebagai ikatan umum dalam sebuah hubungan.

Komitmen

Dalam Skala Teori Cinta Segitiga, cinta mengandung dasar komitmen. Ini adalah sebuah janji antara dua pribadi untuk selalu bersama. Ini adalah bentuk tanggung jawab dan dedikasi dalam sebuah hubungan yang sudah cukup dalam. Namun biasanya komitmen akan lebih diterapkan ketika pria dan wanita sudah memasuki tahap perjodohan atau pertunangan. Komitmen itu akan terus berlanjut ketika keduanya memasuki ikatan pernikahan sebagai keputusan untuk terus bersama.

Ketiga kandungan cinta ini memang tak selamanya lengkap dalam satu hubungan.  Sehingga cinta demikian bisa menjadi kombinasi yang berbeda, seperti:

#1 Cinta romantis yang murni yaitu cinta yang hanya didasarkan oleh gairah dan keintiman saja, tetapi tidak memiliki komitmen. Ada keintiman untuk saling menjaga dan memiliki daya tarik fisik, tetapi tidak memiliki komitmen untuk jangka panjang.  

#2 Cinta dengan dasar pertemanan yaitu cinta yang didasarkan pada keintiman dan komitmen, tetapi tidak memiliki gairah. Hal ini terjadi ketika pria dan wanita telah saling mengenal satu sama lain sudah sejak lama. Sementara gairah sudah memudar namun masih ada ikatan emosi yang intim diantara keduanya. Namun pada akhirnya, cinta ini tetap bertujuan untuk menyempurnakan cinta. Menurut penelitian, cinta ini wajar terjadi pada hubungan yang sudah lama terbina, gairah memang akan perlahan-lahan memudar, namun keintiman dan komitmen terus meningkat menjadi hubungan serius.

Jadi dengan hasil penelitian ini, Anda pastinya sudah mengetahui bagaimana cara kerja cinta dalam sebuah hubungan bukan? Jatuh cinta adalah permulaan dari dinamika cinta yang membuat seseorang merasa bahagia. Seiring berjalannya waktu, hubungan itu akan menumbuhkan keintiman dan komitmen yang lebih kuat, sedang gairah akan memudar sedikit demi sedikit. Saat hal itu terjadi, pasangan harus melakukan sesuatu untuk memperkuat hubungan, seperti tetap menjaga komunikasi dan perhatian satu sama lain.

Sumber : eharmony.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami