6 Khasiat Ubi Cilembu yang Kerap Diabaikan

6 Khasiat Ubi Cilembu yang Kerap Diabaikan

Lori Official Writer
21779

Ubi Cilembu adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki rasa yang berbeda dari jenis ubi lainnya. Rasanya yang manis seperti madu membuat ubi asal Jawa Barat ini nikmat disantap hangat sembari menyeruput teh atau kopi.

Ubi ini akan sangat baik dikonsumsi dengan cara dibakar atau direbus dibanding digoreng. Rasa manis yang dikandung ubi Cilembu merupakan sumber karbohidrat yang tinggi.

Banyak orang yang menganggap ubi Cilembu hanya sekedar cemilan biasa khas orang kampung yang banyak digunakan sebagai pengganti nasi, tetapi faktanya ubi jalar yang satu ini ternyata kaya khasiat. Ubi Cilembu diketahui kaya serat, antioksidan, vitamin A, C, D, E, B2, B6 dan mineral (zat besi, folat dan mangan) yang berguna bagi kesehatan kulit. Sedang kandungan karbohidratnya baik untuk proses diet.

Berikut 6 khasiat ubi Cilembu yang belum Anda ketahui:

#1 Menjaga kadar gula darah

Rasa manis madu dalam daging ubi merupakan pemanis alami yang tidak berpengaruh pada kenaikan kadar gula darah (glukosa). Sehingga akan sangat aman ketika dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti nasi.

#2 Mencegah Kanker

Kandungan vitamin A dan betakaroten yang terdapat dalam warna orange merah ke kuning-kuningan ubi Cilembu berkhasiat membantu mencegah penyakit kanker mulut dan paru-paru. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian di Harvard University dimana dari 124 responden penderita kanker paru-paru yang mengkonsumsi ubi Cilembu, sebanyak 32% diantaranya mengalami kesembuhan setelah mengkonsumsi ubi secara rutin.

#3 Mencegah serangan jantung

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada ubi ternyata berkhasiat mencegah serangan jantung. Sementara potasiumnya membantu menjaga detak jantung normal dan melindungi kesehatan jantung.

#4 Mengatasi stres

Menikmati ubi Cilembu hangat di sore hari lengkap dengan pemandangan asri alam terbuka akan membantu mengusir rasa stres. Hal ini ditimbulkan oleh kandungan mineral potassiumnya.    

#5 Berguna untuk diet

Selain kentang rebus, ubi Cilembu ternyata banyak digunakan dalam program diet. Dalam hal ini, ubi Cilembu bisa direbus atau dibakar dan dijadikan sebagai bahan sarapan pengganti nasi. Kandungan serat di dalamnya bermanfaat menjaga nafsu makan dan membuat perut kenyang lebih lama. Satu buah ubi ukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat.

#6 Mencegah penuaan dini

Ubi Cilembu mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Tak salah bila ubi yang satu ini dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk kosmetik. Sementara kandungan betakaroten nya berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Jadi, manfaatkanlah ubi Cilembu untuk mengembalikan kehalusan dan keindahan kulit Anda.

Anda bisa memperoleh manfaat ubi Cilembu di atas dengan cara mengkonsuminya secara rutin, dan agar kandungan nutrisinya tidak hilang, cobalah menyantap ubi dengan cara direbus atau dibakar dalam oven. Hindari menggorengnya karena sifat ubi yang mudah gosong hanya akan menghilangkan khasiatnya.


Jadilah bagian dari kami, mari bermitra dengan kami (Mitra CBN) mendukung pelayanan lewat media dan membawa dampak positif lewat websitewww.jawaban.com  Klik DI SINI.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls

Ikuti Kami