Pesepakbola Afrika di Liga Inggris Gunakan Dukun
Sumber: bibini.ghanaweb.com

Nasional / 17 September 2015

Kalangan Sendiri

Pesepakbola Afrika di Liga Inggris Gunakan Dukun

daniel.tanamal Official Writer
4889

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Salah satu hal menarik yang diperbincangkan didunia sepakbola adalah rekayasa hasil pertandingan, biasanya melalui aksi mafia yang membayar wasit, pemain ataupun pelatih. Yang terakhir adalah aksi yang kini tengah menjadi perbincangan di Liga Premier Inggris, penggunaan dukun supranatural!

Ternyata sebuah sumber menyebutkan bahwa para pesepakbola dari benua Afrika menggunakan seorang dukun atau dalam bahasa mereka disebut Juju. Hal itu digunakan agar mereka dapat sukses dalam pertandingan. Namun dapat juga digunakan untuk merusak permainan dari pemain tersebut. Seperti curhatan Emanuel Adebayor yang mengaku bahwa ibunya menggunakan dukun untuk mengguna-gunainya di lapangan hijau.

Eks bomber West Brom asal Nigeria Brown Ideye yang baru saja hengkang ke klub Yunani, Olympiakos menghimbau agar   pemain yang terlibat dalam ilmu hitam segera menghentikan aksinya. "Saya tahu pemain yang terlibat dengan pria Juju (dukun) dan mereka tak bisa lepas. Itu sebuah jebakan. Mungkin itu ada keuntungan jangka pendeknya tapi mereka harus membayar mereka. Para Juju punya pengaruh besar," ujar Ideye dirilis The Sun.

Sementara itu, seorang istri dari seorang pemain asal Afrika di Premier League yang tak mau identitasnya diungkap ke publik ini, mengungkapkan bahwa sumber seorang dukun tak jarang meminta persembahan dari 'kliennya' yang menjurus pada pesugihan. "Para Juju akan meminta persembahan. Kambing putih tanpa bercak, domba, atau ayam untuk disembelih lalu membuat sejumlah sumpah. Banyak dukun palsu dengan Range Rovers dan tinggal di mansion. Juju yang asli tinggal di gubuk tanpa listrik dan air. Pemain Inggris mungkin tak sadar tapi para pelatih tentu tahu karena Juju sering menelepon," ungkapnya.

Apakah kemampuan dukun-dukun itu punya dampak yang besar bagi para pemain-pemain dari benua hitam tersebut? Entahlah, namun semenjak George Weah dari Liberia yang memenangkan Pemain Terbaik Dunia pada 1995, tidak ada lagi pesepakbola dari Afrika yang berhasil meraihnya. Justru para pemain terbaik sepakbola saat ini entah itu Lionel Messi, Neymar atau Cristiano Ronaldo sekalipun punya sisi religius yang begitu tinggi saat didalam maupun diluar lapangan.

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami