Naguib Sawiris, Milyader Kristen Yang Ingin Beli Pulau Untuk Pengungsi
Sumber: Forbes.com

Profile / 17 September 2015

Kalangan Sendiri

Naguib Sawiris, Milyader Kristen Yang Ingin Beli Pulau Untuk Pengungsi

Puji Astuti Official Writer
5000

Nama Naguib Sawiris beberapa waktu lalu menjadi sorotan setelah memberi ide "gila" untuk menolong para pengungsi Suriah. Naquib adalah orang kaya nomor 3 di Mesir, pria penganut Kristen Koptik ini adalah pemimpin dari perusahaan Weather Investment dan Orascom Telecom Median and Technology Holding S.A.E.

Ide gila Naguib berkaitan dengan nasib para pengungsi Suriah yang kini sedang membanjiri daratan Eropa. Ia sangat prihatin dengan nasib para pengungsi yang terpaksa harus melarikan diri dari negaranya karena tekanan kelompok ISIS. Terlebih saat foto seorang anak pengungsi dari Suriah, Aylan Kurdi yang tewas dan terdampar di pantai Turki menjadi sorotan media.

"Saya harus akui bahwa foto Aylan lah yang membangunkan saya," demikian pernyataan Sawiris kepada CNN.

Ide Naguib Sawiris adalah membeli sebuah pulau di daerah Italia atau Yunani agar bisa menampung sekitar 100 hingga 200 ribu pengungsi.

"Saya akan membuat pelabuhan kecil atau marina sehingga kapal-kapal bisa mendarat disana. Saya akan mempekerjakan orang-orang itu untuk membangun rumah mereka sendiri, sekolah mereka, rumah sakit, universitas, hotel," demikian jelasnya.

Untuk mengingat kisah tragis Aylan Kurdi, maka pulau yang akan dibelinya nanti akan didekasikan bagi anak itu dan diberi nama Pulau Aylan.

"Foto Aylan itu membangunkan saya," jelasnya. "Saya berkata -- Saya tidak bisa duduk dan tidak melakukan apapun, dan pura-pura hal itu bukan masalah saya."

Pria berusia 61 tahun tersebut mengungkapkan bahwa dirinya bersedia investasi sebesar 200 juta dolar dan sedang menggalang dana lebih banyak lagi untuk bisa mewujudkan idenya tersebut. Naguib mengaku sudah ada pemilik dua pulau  diwilayah Yunani yang menghubunginya  yang ingin menjual pulaunya. Kini ia hanya perlu melobi pemerintah Yunani dan juga badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk bisa mendapatkan ijin menampung para pengungsi asal Timur Tengah.

Menurut berita yang dirilis Time.com ada 10.000 email dari potensial donor dan sukarelawan yang telah Naquib terima, walau demikian tidak sedikit yang berisi kata-kata kasar dan kritikan yang dilontarkan kepadanya.

"Saya akan katakan kepada mereka itu adalah apa yang datang dari saya, jika Anda punya ide yang lebih baik, silahkan saja," demikian yang dikutip Time.com. "Aturan dalam dunia usaha saya, siapa saja yang mengkritik solusi saa dan tidak punya solusi yang lebih baik, saya katakan padanya untuk tutup mulut."

Pendiri Partai Free Egyption ini mulai fokus pada dunia sosial dan politik pada tahun 2011 lalu. Ia dikabarkan memiliki hubungan dekat dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Il dan perusahaannya pernah mensponsori renovasi hotel di negara tertutup tersebut. Total kekayaannya diperkirakan mencapai 3 milyar dolar dan memegang bisnis keluarga bersama saudara laki-lakinya.


Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik disini.

Sumber : Forbes.com | Time.com | CNN.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami