Yuk Intip Pesona Jembatan Kaca Terpanjang Dunia Ini

Travel / 14 September 2015

Kalangan Sendiri

Yuk Intip Pesona Jembatan Kaca Terpanjang Dunia Ini

Lori Official Writer
4583

Jika sebelumnya Anda belum pernah mendengar tentang hal ini, jangan lewatkan destinasi wisata yang satu ini. Pesona alam yang dikelilingi oleh gunung-gunung batu membuat jembatan kaca ini bukan hanya sekedar jembatan semata. Saat Anda menjejakinya, Anda akan merasa seperti berada di dunia lain.

Jembatan ini terletak di Zhangjiajie, sebuah taman nasional di provinsi Hunan, Tiongkok.  Jembatan ini memiliki panjang sekitar 430 meter, lebar 6 meter dan tinggi 300 meter dari tanah. Ini adalah jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di dunia, mengalahkan Grand Canyon Skywalk di Amerika Serikat (AS) dan Glacier Skywalk di Alberta, Kanada. Uniknya, jembatan kaca yang baru saja diresmikan pada Juli 2015 ini adalah jalan yang menghubungkan dua tebing nasional Zhangjiajie.

Zhangjiajie Skywalk ini dirancang oleh arsitek kebangsaan Israel, Haim Dotan. Ia merancang jembatan kaca dengan menggunakan balok baja, dengan bagian bawahnya terbuat dari baja berstruktur. Bagian sisi kanan dan kiri dan pegangannya terbuat dari kabel yang sangat tebal.  Saat awan dan embun pagi, beberapa bagian jembatan berwarna putih akan tampak menghilang ditutupi awan. Meski terbuat dari kaca, namun pihak pengurus taman nasional menegaskan bahwa kaca yang digunakan sudah terlebih dahulu melewati ujian ketahanan terhadap tekanan, angin, serta gempa bumi. Oleh karena itu, jembatan ini bisa menampung pengunjung hingga mencapai 800 orang.

Tak hanya dijadikan sebagai tempat tujuan wisata, destinasi wisata ini juga bisa digunakan sebagai tempat catwalk fashion show serta lokasi yang menawarkan tantangan baru dalam olahraga ekstrim seperti bungee jumping, dimana para pengunjung ditantang untuk mencoba terjun dari ketinggian 233 meter.

Tak salah bila Zhangjiajie memang membawa para pengunjung masuk ke dunia lain dengan pesona alamnya. Oleh karena itu, tak salah bila keindahan yang dimilikinya menjadi lokasi pembuatan film ‘Avatar’ karya James Cameron.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami