10 Profesi yang Terancam Digantikan oleh Mesin Canggih (Bagian 1)

10 Profesi yang Terancam Digantikan oleh Mesin Canggih (Bagian 1)

Lori Official Writer
4774

Kecanggihan teknologi saat ini bisa jadi akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Bahkan pekerjaan yang biasa dikerjakan dengan menggunakan tenaga manusia akan diprediksi digantikan oleh mesin canggih.

Seorang ahli komunitas Glassdoor, Scott Dobroski mengatakan kehadiran teknologi yang semakin canggih akan berdampak pada hilangnya sejumlah pekerjaan dengan keterampilan rendah, seperti telemarketer. Namun pekerjaan yang membutuhkan kreativitas atau kemampuan sosial tinggi tidak akan tergantikan.

Berikut 10 profesi yang diprediksi terancam digantikan oleh mesin-mesin berteknologi canggih:

#1 Teller Bank

Dobroski memprediksi bahwa di masa depan, tampaknya kebanyakan dari pekerjaan yang ada saat ini, dari kasir ke teller akan diotomatisasi dan kebutuhan untuk orang sugguhan mengerjakan peran tersebut tidak akan diperlukan lagi saat teknologi sudah mampu dan mengambil tanggung jawab tersebut.

Hal inilah yang perlahan-lahan terjadi terhadap profesi yang satu ini, dimana jasa teller bank sudah mulai digantikan dengan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Nasabah bank bisa mengambil dan menyetor uang secara tunai, transfer dana, membayar tagihan, hingga membeli pulsa melalui mesin ATM.

#2 Kasir

Sejumlah toko di Amerika sudah menggunakan mesin khusus untuk layanan mandiri saat berbelanja. Para pembeli bisa memindai dan melakukan pembayaran secara mandiri melalui mesin tersebut. Hingga tahun 2008, penggunaan mesin belanja ini bahkan sudah mencapai 430 ribu unit di seluruh dunia. Bukankah hal ini menjadi ancaman nyata bagi profesi kasir?

#3 Resepsionis

Sejumlah perusahaan mulai menggunakan salah satu sistem yang memiliki fungsi pengganti resepsionis, yaitu virtual receptionist. Tugas menerima panggilan telepon yang biasa dilakukan oleh resepsionis saat ini akan dikerjakan oleh mesin penjawab atau sistem asisten virtual. Di Jepang, misalnya, profesi ini digantikan dengan robot sungguhan.

#4 Travel Agent

Dulu, para pecinta wisata harus menghabiskan waktu untuk mengurus pemesanan tiket atau agen travel. Tetapi berkat kehadiran internet online ataupun e-banking segalanya dapat dilakukan hanya dengan sekali klik. Selain lebih praktis, konsumen dapat memilih dan memperbandingkan sendiri tiket dan wisata yang paling murah.

#5 Reporter

Dengan kehadiran media sosial atau layanan blog secara gratis, setiap orang bisa menyebarkan berita secara mudah dan cepat. Perangkat lunak kini sudah mulai digunakan untuk menulis artikel. Kemudahan ini membuat setiap orang bisa menjadi citizen journalism (jurnalisme warga, red). Seorang reporter, misalnya, yang biasa menulis berita pernikahan akan diganti dengan teknologi web semantik yang bisa digunakan untuk mengumumkan pernikahan atau pekerjaan dan banyak lagi.

Menyaksikan pesatnya pertumbuhan teknologi saat ini, bukan mustahil bila prediksi itu memang akan terjadi. Namun tak usah khawatir, sebab Anda bisa saja mengembangkan skill lain yang Anda punya untuk tetap bisa meraih profesi impian Anda.


Jadilah bagian dari kami, mari bermitra dengan kami (Mitra CBN) mendukung pelayanan lewat media dan membawa dampak positif lewat website www.jawaban.com Klik DI SINI.

 

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami