Wapres JK: Konflik di Indonesia Tak Berkaitan dengan Agama
Sumber: Kompas.com

Nasional / 6 September 2015

Kalangan Sendiri

Wapres JK: Konflik di Indonesia Tak Berkaitan dengan Agama

daniel.tanamal Official Writer
2892

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjelaskan bahwa sebagian besar konflik di Indonesia tidak berkaitan dengan agama. Konflik di Poso dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) terjadi karena ketidakadilan, bukan terkait masalah agama.

"(Publik) sering beranggapan konflik terjadi karena agama. Aceh kaya sumber daya alam, minyak, dan gas, tapi Aceh tidak terbangun dengan baik maka merasa tidak adil sehingga berontak. Kenapa timbul agama di belakang itu, karena apabila diikutkan agama orang gampang terlibat," ujar JK dalam pengarahan kepada peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri?, di Istana Wakil Presiden, Senin (31/8/2015).

? ?Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini juga menuturkan, untuk konflik yang terjadi di luar negeri, seperti di Filipina dan Thailand, akibat adanya faktor agama. Pasalnya jika bukan karena konflik agama, penyelesaiannya tidak akan membutuhkan waktu yang lama. "Kenapa di Filipina dan Thailand juga panjang (konfliknya), itu selalu ada unsur agama di belakangnya. Jadi artinya apa, perlu ada harmonisasi kehidupan beragama," terang JK.

Selain itu, kata dia, konflik agama dapat mengakibatkan dua kelompok terbelah karena mereka berjuang mengatasnamakan agama seperti membunuh ataupun dibunuh akan mendapat jaminan surga. Dengan demikian, mereka berani untuk berjuang mati-matian jika terjadi konflik yang berkaitan dengan agama.

"Di Al Qaeda dan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) itu ribut, seluruh dunia ikut. Karena itu ada konflik agama kalau dimasukkan ke agama semua langsung terbelah dua," pungkasnya.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami