Provinsi Mayoritas Kristen Ini Cermin Kerukunan Beragama di Indonesia
Sumber: www.kompasiana.com

Nasional / 5 September 2015

Kalangan Sendiri

Provinsi Mayoritas Kristen Ini Cermin Kerukunan Beragama di Indonesia

Lori Official Writer
13868

Provinsi dengan semboyan ‘torang samua basudara’ (kita semua bersaudara) tentu sangat melekat dengan sejarah salah satu bagian wilayah Indonesia ini. Apalagi jika bukan provinsi Sulawesi Utara yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota Manado.

Provinsi dengan penduduk mayoritas Kristen ini disebut-sebut sebagai cerminan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama, Lukman Saifuddin saat menghadiri Konferensi Internasional Tahunan ke-15 Studi Islam (AICIS) di Manado pada Jumat (4/9) kemarin.

“Indonesia mini ada di sini. Sikap toleransi dan tenggang rasa yang dimiliki masyarakat Nyiur Melambai memberi kekaguman bagi bangsa Indonesia terutama di sector keagamaan,” ucap Saifuddin, seperti dilansir Antaranews.com, Jumat (4/9).

Saifuddin memuji penyelenggaraan AICIS yang aman dan terkendali  di kota mayoritas penduduk beragama Kristen itu sangat luar biasa. Hal itu menjadi cerminan dari semangat  Sam Ratulangi, pahlawan Nasional asal Sulawesi Utara yang selalu menjunjung semboyan ‘manusia hidup untuk memanusiakan orang lain’.  Sungguh luar biasa, deaerah yang dihuni 75 persen beragama Kristen namun bisa menjadi tuan rumah 15Th AICIS 2015 yang notabenenya kegiatan umat Islam," lanjutnya.

Senada dengan itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil menyampaikan bahwa kota tersebut memang sudah kerap kali menjadi tempat penyelenggaran beragam kegiatan berbau keagamaan. Semboyan ‘torang samua basudara’ bahkan menjadi motivasi bagi masyarakat untuk saling menolong dan menghormati antar umat beragama.

Keharmonisan hidup di Sulawesi Utara, kata Kansil, menjadi hal yang patut disyukuri sebagai anugerah Tuhan. Sehingga memotivasi masyarakat hidup dalam persaudaraan yang rukun, damai, saling menghargai dan menghormati perbedaan.

Sumber : Antaranews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami