Perluas Lingkaran Sosial Anda dengan 5 Langkah Ini
Sumber: Willedward.com

Single / 27 August 2015

Kalangan Sendiri

Perluas Lingkaran Sosial Anda dengan 5 Langkah Ini

Theresia Karo Karo Official Writer
4414

Kenapa memperluas lingkaran sosial begitu penting? Sebagai mahluk sosial kita tentu sadar bahwa kita membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan memperluas lingkaran sosial kita juga membuka kesempatan yang lebih luas untuk mengenal relasi bisnis baru, pertemanan, atau bahkan menemukan pasangan hidup.

Berikut lima langkah yang dapat membantu Anda memperluas lingkaran sosial:

Turut hadir di acara kantor

Pekerjaan kantor yang menyita waktu, tentu bukan alasan untuk melewatkan acara kantor atau event bisnis. Kesempatan ini dapat mempertemukan Anda dengan orang lain dari lingkungan dan latar belakang yang hampir serupa dengan yang digeluti. Oleh sebab itu, tentu tidak terlalu sulit untuk memulai obrolan dan menjalin relasi dalam acara ini. Selain memperluas lingkaran sosial, acara kantor juga bisa membantu Anda kelak dalam urusan pekerjaan.

Kursus atau pelatihan

Kegiatan tambahan ini tidak hanya menambah keahlian Anda, namun sekaligus memperluas relasi. Bergabung dalam kursus atau pelatihan dapat mempertemukan Anda dengan mereka yang memiliki minat dan tujuan yang serupa.

Olahraga berkelompok

Kegiatan yang mendukung kesehatan ini tentu akan lebih seru bila dilakukan bersama orang lain. Cobalah untuk bergabung dalam olahraga berkelompok seperti sepak bola, futsal, basket, klub lari, klub sepeda, dan masih banyak lagi. Jangan terlalu sibuk dengan zona nyaman Anda. Beranikan diri untuk membuka kesempatan berteman dengan rekan olahraga di luar sana.

Travelling

Sekarang banyak travel yang menyediakan paket wisata open trip. Paket ini memungkinkan Anda untuk bertemu banyak orang baru selagi berwisata. Meskipun singkat, kegiatan seru satu ini dapat membantu Anda berkenalan dengan banyak orang dalam sekali perjalanan. Yang penting, jangan malu untuk memperkenalkan diri dan berinteraksi dengan satu kelompok Anda.

Media sosial

“If you focus on the bad, you will see a 'bad' world. If you focus on the good, you will see goodness. Choose your focus carefully.”

Walaupun sering dipandang negatif, media sosial terutama aplikasi kencan online turut berperan dalam memperluas lingkaran sosial Anda. Dibandingkan dengan media sosial lainnya yang menjadi konsumsi banyak orang, aplikasi kencan cenderung mengutamakan hubungan interpersonal. Sehingga komunikasi yang terjalin dipandang lebih erat.

Bagi sebagian orang, mengisolasi dirinya dari dunia luar dianggap sebagai aksi perlindungan diri. Namun ketahuilah bahwa hal ini tidak membuat diri kita berkembang. Sebab Alkitab berkata, “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya” (Amsal 27:17).

Zona nyaman yang selama ini kita bangun juga bisa menghalangi pandangan kita terhadap pentingnya menjalin relasi dan menumpulkan perasaan kita terhadap sekitar. Dan pada akhirnya, di tengah keramaian dan kesibukan, kita akan menemukan begitu banyak jiwa yang kesepian dan terasing, begitu banyak relasi yang mengering dan rapuh.

Belum terlambat untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan membangun relasi dengan banyak orang. Khususnya terhadap mereka yang membawa dampak positif dalam hidup Anda.


Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami