Korsel dan Korut Sepakat Hentikan Rencana Perang
Sumber: securityaffairs.co

Nasional / 26 August 2015

Kalangan Sendiri

Korsel dan Korut Sepakat Hentikan Rencana Perang

daniel.tanamal Official Writer
3663

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Setelah melalui mediasi yang cukup panas, akhirnya Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) bersedia untuk berdamai, setelah dilakukan dialog damai dari perwakilan delegasi kedua negara pada Sabtu 22 Agustus. Korut yang meminta maaf atas peluncuran serangan roket pertama, segera dibalas oleh Korsel yang berhenti menyiarkan propaganda anti-Korut.

”Saya berharap bahwa kita dapat membangun hubungan yang baru di antara Korut-Korsel. Orang-orang kami berharap untuk dengan tulus untuk melaksanakan isu-isu yang disepakati dalam dialog damai dan membangun kepercayaan untuk kerja sama,” ujar Direktur Keamanan Nasional Korut, Kim Kwan-jin, seperti diberitakan Yonhap, Selasa (25/8/2015).

Korut bersedia minta maaf atas penanaman ranjau darat di Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) yang melukai dua prajurit Korsel. Laporan hasil pertemuan tingkat tinggi itu disampaikan langsung oleh delegasi Korsel yang merupakan, Kim Kwan-jin. “Dalam pertemuan tersebut, aspek permintaan maaf Korut itu sangat berarti atas insiden ranjau darat, dan mereka setuju untuk membuat upaya itu supaya mencegah insiden dan meredakan ketegangan,” lanjutnya

Sementara itu, Pemerintah Korut melalui kantor berita KCNA, juga menegaskan bahwa kesepakatan damai kedua Korea telah tercapai. Permintaan maaf dari Korut itu secara resmi diterima oleh Presiden Korsel, Park Geun-hye.

Sebagaimana diberitakan, memanasnya ketegangan antara Korsel-Korut memuncak ketika kedua belah pihak saling melancarkan serangan roket di wilayah perbatasan. Korut meluncurkan roket pertama karena merasa terganggu dengan bunyi pengeras suara yang digunakan Korsel ketika latihan militer gabungan dengan pasukan AS.

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami