Hartono Sugianto: Gereja Kewalahan Dengan Tantangan di Dunia Anak Muda
Sumber: Jawaban.Com

Internasional / 26 August 2015

Kalangan Sendiri

Hartono Sugianto: Gereja Kewalahan Dengan Tantangan di Dunia Anak Muda

Budhi Marpaung Official Writer
5135

Cahaya Bagi Negeri Indonesia mengadakan IMAGO Creative Conference untuk kali kedua. Setelah sukses diadakan pada 2014 lalu, acara yang mempertemukan banyak insan kreatif tersebut akan diselenggarakan tahun ini di Central Park, Jakarta Barat, Jumat (11/9/2015).

Kepada Jawaban.Com, Chief Operating Officer CBN Indonesia sekaligus Project Director IMAGO, Hartono Sugianto menguraikan alasan melaksanakan IMAGO Creative Conference 2015.

“Tahun ini adalah momen yang sangat urgent bagi kita karena kita melihat gereja-gereja mulai kewalahan dengan tantangan yang ada di dunia anak muda dimana mereka kehilangan banyak anak muda khususnya kalau kita ngomong soal pemuridan secara riil,” ujarnya ketika ditemui di Cikarang, Senin (24/8/2015).  

“Kalau kebaktian, mungkin anak muda bisa ikut di kebaktian umum dan lain sebagainya. Ada beberapa gereja, tidak punya ibadah anak muda, tetapi digabungkan ke umum dan mereka pikir itu masih fine. Namun, kita tahu apakah anak-anak muda ini sungguh-sungguh bertumbuh sebagai murid Yesus, hanya berdasarkan dua jam di hari minggu itu atau ada pilihan-pilihan lain yang bisa kita lakukan di luar sana,” sambungnya.

Hartono mengungkapkan bahwa anak-anak muda sekarang, setiap harinya berhubungan dengan media. Mereka mendengar atau melihat budaya pop. “Saya rasa nilai-nilai anak muda sudah banyak bergeser. Bagaimana mereka konsisten mengikut Tuhan, itu merupakan tanda tanya bagi kita semua,” paparnya.

Gereja Sadar, Tapi …

Hartono meyakini bahwa para pemimpin, aktivis gereja atau organisasi pelayanan di Indonesia sadar terhadap tantangan yang sedang dihadapi anak-anak muda sekarang.

“Tetapi mereka tidak tahu bagaimana caranya. Tahu apa yang sedang terjadi, namun karena mereka tidak mengerti perubahan dunia yang sekarang ada ini, jadi ada beberapa sikap yang muncul karena ketidaktahuan tersebut. Pertama, mengutuki, ‘anak muda maunya seperti itu, hanya main, main, dan main’ atau ‘sosial media adalah alat setan’. Lalu selanjutnya, mereka tahu hal ini bisa dimanfaatkan, tetapi tidak tahu bagaimana caranya,” tuturnya.  

Oleh karenanya, lanjut Hartono, di IMAGO, hal tersebut menjadi pembahasan. “Kita bahas sama-sama. Tidak ada satu orang pun yang tahu, punya jawaban yang sempurna. Oleh karenanya, kita perlu sama-sama belajar dari si A, dari si B,” tukasnya.

Mengusung tema 'The Next Wave: Raising Up The Digital Generation', IMAGO Creative Conference 2015 akan digelar pada 11 September 2015 di Central Park, Jakarta Barat. Hanya dengan investasi sebesar Rp450.000,00 , Anda bisa menerima hand out, mendengarkan langsung pembicara-pembicara kompeten, makan siang, dan bebas memilih tiga dari enam kelas yang ditawarkan di sesi creative class.

Untuk pendaftaran maupun hal-hal lain yang ingin diketahui, silahkan mengunjungi micro site IMAGO Creative Conference 2015: http //www.imagoplanet.com

Sumber : Hartono Sugianto / Jawaban.Com – Budhianto Marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami