Cara Menjadi Ayah yang Tepat bagi Anak-anak Anda (Bagian 1)
Sumber: Google

Parenting / 25 August 2015

Kalangan Sendiri

Cara Menjadi Ayah yang Tepat bagi Anak-anak Anda (Bagian 1)

daniel.tanamal Official Writer
2296

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Halo Para Ayah yang hebat! Tahukah anda bahwa anda punya peran yang demikian pentingnya buat anak anda? Status anda sebagai ayah merupakan model bagi anak-anak anda. Sikap anda sebagai ayah terhadap rumah, keluarga dan orang lain, terekam dengan baik dalam memori anak anda. Bagi anak laki-laki, semua sikap ayah dapat ditiru, baik yang baik maupun yang buruk, sedangkan untuk anak perempuan, sikap buruk ayah akan membuat penilaian mereka untuk laki-laki akan menjadi negatif.

Tentu ada cara agar anda menjadi Ayah yang bukan hanya sempurna, namun punya perilaku yang tepat sebagai kepala keluarga. Beginilah cara untuk memulai dan terus melakukannya:

. Perlakukan ibunya anak-anak dengan baik
Menjaga keutuhan pernikahan, mendengarkan pendapat istri dan menanggapi kebutuhannya, merupakan manifestasi dari perlakuan baik terhadap ibunya anak-anak. Anak mengamati, dan kemudian membentuk perilaku dan pola pikir tentang menghargai pasangan.

. Peka kondisi rumah
Perhatikan hal-hal kecil di rumah. Misalnya, jangan cuek bila lampu depan dalam beberapa hari ini berkedap-kedip. Tak perlu menunggu sampai istri dan anak-anak mengingatkan, "Yah..., lampu depan perlu diganti, tuh. Sudah dua hari kedip-kedip." Eh... sudah diingatkan masih juga anda cuek. Ini namanya memberi teladan yang buruk.

. Luangkan waktu bersama anak
Cara ayah menggunakan waktu luangnya memberi pemahaman pada anak tentang hal penting dalam hidup ayah. Bila ayah menggunakan waktu luangnya bersama anak, si kecil paham ia penting dalam kehidupan ayah. Bila ayah asyik bermain sendiri, anak menafsirkan, ayah mementingkan dirinya sendiri.

. Bicara pada anak
Biasanya ayah hanya mau bicara pada anak bila anak melakukan kesalahan. Mulailah ngobrol dengan anak sejak masih kecil. Dengarkan ide serta masalahnya.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami