Tips Hilangkan Rasa Pahit Pada Daun dan Bunga Pepaya

Tips Hilangkan Rasa Pahit Pada Daun dan Bunga Pepaya

Lori Official Writer
12941

Pepaya termasuk jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat.  Tak hanya dapat menikmati buahnya yang kaya dengan vitamin C tetapi bunga dan daun pepaya juga bisa dijadikan sebagai lalapan karena diketahui mengandung manfaat besar bagi kesehatan, diantaranya bermanfaat sebagai obat penangkal radikal bebas, penambah nafsu makan, mencegah kanker serta menjaga kesehatan darah.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, daun dan bunga pepaya harus dikonsumsi secara teratur. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyukai rasa pahit dari daun dan bunganya dan memilih untuk menghilangkan rasa pahit tersebut dengan beberapa tiga tips ini:

1. Rebus atau urapi dengan garam

Rasa pahit biasanya bersumber dari getahnya, sehingga harus dihilangkan. Cara paling mudah adalah dengan mengurapi bunga dan daun pepaya dengan garam secara merata. Lalu biarkan sejenak. Kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih. Cara kedua adalah dengan merebus sejenak bunga dan daun pepaya di dalam air garam untuk menghilangkan getahnya. Lalu bersihkan dengan air.

2. Rebus dengan daun jambu biji atau daun singkong

Cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan daun jambu biji atau daun singkong. Rebuslah daun jambu biji atau singkong secara bersamaan dengan bunga dan daun pepaya hingga tampak layu dan empuk. Lalu tiriskan. Pisahkan bunga dan daun pepaya dari daun jambu biji atau singkong. Lalu perasa bunga pepaya dan daun untuk menghilangkan sisa rasa pahit yang bercampur dalam air rebusan.

3. Rebus dengan tanah liat

Percaya atau tidak, tanah liat ternyata bisa menawar rasa pahit yang ditimbulkan oleh daun dan bunga pepaya. Rebus daun dan bunga pepaya secara bersamaan hingga mendidih dan daun tampak layu. Setelah itu pisahkan pepaya dan tanah liat, lalu cuci dengan air bersih sampai tanah liat benar-benar hilang dari daun pepaya.

Demikian beberapa cara mudah menghilangkan rasa pahit pepaya. Anda hanya perlu memilih salah satu cara di atas sesuai dengan keinginan Anda. Setelah direbus dengan bahan campuran, pastikan daun dan bunga pepaya dicuci hingga bersih. Selamat mencoba!

Sumber : Vemale.com/jawaban.com/ls

Related Articles

Live Chat

Email

Phone / SMS
0811 9914 240
0817 0300 5566

Whatsapp
0822 1500 2424

Ikuti Kami