Menjaga 'Pelita Tubuh'
Kalangan Sendiri

Menjaga 'Pelita Tubuh'

Theresia Karo Karo Official Writer
      9356

Matius 6:22

Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu.

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu49[/kitab]; [kitab]titus3[/kitab]; [kitab]yesay51-52[/kitab] 

Kemampuan untuk membedakan yang baik dan yang jahat ditentukan oleh fokus pandangan mata rohani kita. Jika kita memusatkan mata kita pada uang, semisalnya, maka kita akan menikmati hidup senang untuk sesaat. Namun, keputusan-keputusan yang kita ambil akan menjadi kabur. Kita akan membuat keputusan yang bertentangan dengan norma-norma hidup kita sendiri pilihan-pilihan yang akhirnya dapat menghancurkan keluarga dan diri kita sendiri.

Alkitab mengingatkan, “Mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan” (1 Timotius 6:9). Jika kita mencintai uang, kita akan melakukan usaha apa saja untuk mendapatkannya. Sehingga akhirnya, “Betapa gelapnya kegelapan itu” ([kitab]matiu6:23[/kitab]).

Dalam novel The Chronicles of Narnia karya C.S. Lewis, nafsu Edmund terhadap kembang gula membuat dia mengkhianati saudara-saudarinya. Hasrat Eustace untuk memiliki naga emas akhirnya menjadikannya seekor naga. Keserakahan memenuhi Pangeran Caspia di Pulau Deathwater ketika dia mendambakan kekuatan yang dapat diperolehnya dari air di pulau tersebut.

Makanan, uang, kekuatan, atau apa pun yang menjadi fokus mata rohani kita akan menentukan apa yang kita dambakan, dan juga menentukan apakah hidup kita dipenuhi oleh terang atau kegelapan. Yesus berkata, “Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu” [kitab]matiu6:22[/kitab]. (Sabda.org)


Waspadailah pandangan mata Anda, karena itu akan menentukan hasrat Anda! -David Roper 


Ikuti Kami