Dewan Gereja Dunia Ajak Umat Hentikan Penggunaan Nuklir

Internasional / 11 August 2015

Kalangan Sendiri

Dewan Gereja Dunia Ajak Umat Hentikan Penggunaan Nuklir

daniel.tanamal Official Writer
5447

Dalam kunjungan ziarahnya ke Jepang dalam peringatan pengeboman atom pada 6 dan 9 Agustus 1945, Dewan Gereja Dunia mengajak seluruh umat untuk meninggalkan dukungan terhadap penggunaan senjata nuklir apapun alasannya. Menurutnya saat ini setiap orang harus segera bertindak untuk melindungi sesama dan menjadi saksi perdamaian.

“Ini saatnya untuk meninggalkan semua dukungan untuk mempertahankan senjata nuklir. Ini adalah waktu untuk menolak untuk setuju bahwa pemusnah massal bisa menjadi bentuk sah perlindungan diri,” seru wakil-moderator dari Komite Sentral Dewan Gereja Dunia Pendeta Mary Ann Swenson yang memimpin delegasi pemimpin gereja dalam ziarah itu di Ibadah Perdamaian Anglikan-Katolik di Katedral Memorial Perdamaian Katolik di Hiroshima, Jepang, Rabu (5/8).

Swenson mengatakan bahwa sejak lama para pemimpin dunia berjanji untuk tidak menggunakan nuklir, namun buktinya saat ini masih terus berlangsung. “Tujuh puluh tahun setelah penghancuran di kota ini, total 40 pemerintah masih mengandalkan senjata nuklir,” katanya.

Swenson melanjutkan bahwa saat ini adalah waktu untuk menilai senjata dan penggunaan energi berdasar efeknya pada orang-orang dan ciptaan Tuhan. “Ini adalah waktu untuk mengakui bahwa keinginan kita untuk kenyamanan dan kemudahan memisahkan kita dari kepedulian sumber dan kuantitas energi yang kita konsumsi,” tambahnya.

Dalam ziarah itu, para pemimpin gereja bertemu dengan korban bom atom, anggota gereja, tokoh agama dan pejabat pemerintah, bekerja untuk membawa panggilan internasional untuk melakukan aksi sepulang mereka dari Hiroshima dan Nagasaki.

 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami