Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
1931


Saat berumah tangga, kehidupan keluarga akan semakin meriah dengan kehadiran anak-anak. Dan tidak ada salahnya bila pasangan suami istri berharap untuk memiliki anak lebih dari satu. Meskipun telah siap secara mental dan finansial, namun jangan lupa untuk memperhatikan hal yang satu ini. Yakni jarak kelahiran buah hati, agar tidak terlalu berdekatan.

Apakah penting mengatur jarak kelahiran anak? Jawabannya adalah ya! Menurut sebuah penelitian, mengandung dengan jarak yang terlalu berdekatan berdampak pada kondisi ibu dan anak. Para ahli berpendapat bahwa, setelah mengandung dan melahirkan akan lebih baik bila tubuh ibu diberi kesempatan untuk pemulihan. Minimal, berikan jarak 18 bulan untuk pemulihan tubuh ibu.

Bukan tanpa alasan, pernyataan ini didukung dengan beberapa riset yang menyatakan bahwa wanita yang kembali mengandung dalam waktu kurang dari 18 bulan setelah kelahiran pertama, berpotensi tinggi melahirkan anak keduanya secara prematur. Selain itu, bagi wanita yang kembali mengandung saat usia anak baru mencapai 12 bulan, cenderung memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, Amerika Serikat. Studi terbaru oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa banyak ibu di Amerika Serikat yang mengandung dengan jarak yang terlalu dekat dengan kelahiran anak yang sebelumnya. Data ini diperoleh dari laporan akta kelahiran di 26 negara bagian di AS pada tahun 2011.

Sebanyak 30 persen wanita dilaporkan kembali mengandung dengan jarak 18 bulan dari kelahiran sebelumnya. Data ini mewakili 83 persen angka kelahiran bayi di Amerika Serikat di tahun yang sama. Hasil studi CDC menyimpulkan bahwa diperlukan studi lanjutan untuk bisa mengetahui lebih dalam dampak interval kelahiran.

Pada dasarnya adalah hak prerogatif bagi setiap wanita untuk memutuskan kapan akan mengandung. Namun tetap kesehatan ibu dan kesiapan tubuhnya tetap menjadi prioritas dalam kehamilan. Atau bila ingin tahu lebih jelas, berkonsultasilah dengan dokter kandungan terkait kondisi tubuh Anda. Karena kesehatan ibu akan mempengaruhi kesehatan janin yang dikandungnya. Oleh sebab itu. Rencanakan kehamilan Anda dengan matang.


Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7274

Banner Mitra Agustus Week 3