Jangan Biarkan Masalah Keuangan Merusak Pernikahan Anda

Jangan Biarkan Masalah Keuangan Merusak Pernikahan Anda

Lori Official Writer
4553

Pernikahan akan tetap selalu bahagia ketika tidak ada masalah keuangan yang membelitnya. Sebuah studi menemukan bahwa masalah uang banyak menjadi sumber masalah rumah tangga. Hari ini, artikel ini hadir untuk membantu semua pasangan terlepas dari konflik keuangan.

Sesungguhnya permasalahan dalam pernikahan bukan bersumber dari kurangnya pendapatan pasangan, tetapi hal itu disebabkan oleh buruknya penanganan keuangan dan kurangnya diskusi bersama soal hal itu.

Tips menghindari pertengkaran rumah tangga karena masalah keuangan

Saat konflik rumah tangga muncul karena uang atau pendapatan, banyak pasangan suami/istri yang abai dengan uang simpanan mereka, dan mereka juga gagal mengerti pandangan pasangannya akibatnya pertengkaran pun terjadi.

Studi menunjukkan bahwa pasangan yang kerap berdiskusi dan bersepakat soal keuangan akan jauh lebih sedikit mengalami masalah keuangan. Selain itu, kedua pasangan menjadi lebih mengerti tentang kebiasaan keuangan pasangan.

Artikel ini akan memberi Anda tips bagaimana menghindari konflik rumah tangga akibat persoalan keuangan.

Jangan pernah sembunyikan utang

Jangan pernah menyembunyikan utang yang Anda punya dari pasangan, baik itu tagihan kartu kredit atau pinjaman dari teman. Ketidakjujuran Anda justru malah akan menimbulkan masalah serius dalam rumah tangga. Kesampingkan ego Anda dan berbagilah masalah yang Anda hadapi agar pasangan Anda bisa mencari cara mengelola keuangan ke depan.

Membuat rencana pengeluaran

Membuat rencana belanja bersama dengan pasangan selama seminggu atau sebulan adalah langkah yang tepat. Pastikan pengeluaran bulan yang Anda buat terperinci dan disepakati bersama. Ini akan membantu Anda mengontrol pengeluaran yang tidak penting setiap bulannya dan menghindari Anda dari kesalahpahaman keuangan.

Berkonsultasi sebelum membeli sesuatu

Jika Anda berencana membeli sebuah barang mahal di bulan tertentu, maka pastikan jika Anda sudah berkonsultasi dengan pasangan sebelum membelinya. Jangan pernah hanya sekadar mengikuti keinginan Anda dan memberitahukan hal itu di kemudian waktu. Sebab kadang kala pasangan akan sangat tidak setuju dengan pilihan Anda dan menyebabkan persoalan besar.

Jangan sembunyikan belanjaan Anda

Jika Anda tergoda membeli sesuatu karena Anda menyukainya, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda akan memberitahukan pasangan Anda tentang hal itu. Jangan sembunyikan biaya yang telah Anda habiskan untuk belanja tersebut. Hal ini akan membantu Anda dan pasangan untuk membangun kejujuran dan transparansi keuangan sehingga tak ada kecurigaan yang membelit Anda dan pasangan.

Tentukan batas pengeluaran

Mungkin kita akan menjumpai di mana salah satu pasangan suka berbelanja dan yang lainnya tidak. Nah, untuk mengatasi dua kebiasaan berbeda ini, pasangan patut menetapkan batas belanja yang bisa digunakan masing-masing. Dengan begitu pertengkaran karena kebiasaan boros salah satu pasangan bisa dihindarkan.

Memiliki tabungan pribadi

Selain uang bersama yang terkumpul untuk berbagai biaya kebutuhan sehari-hari, pasangan suami/istri disarankan pula agar menyisihkan sejumlah uang pribadi sebagai tabungan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu harus terus menerus bergantung kepada ketika kondisi mendesaknya untuk membeli sesuatu yang dia perlukan. Hal ini bisa mengurangi pertengkaran dan konflik ketika pasangan Anda menolak memberikan uang saku kepada Anda.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami