9 Kondisi Ruang Kerja yang Mampu Tingkatkan Produktivitas (Bagian 1)
Sumber: www.interior-smart.co.uk

Career / 5 August 2015

Kalangan Sendiri

9 Kondisi Ruang Kerja yang Mampu Tingkatkan Produktivitas (Bagian 1)

Lori Official Writer
9742

Desain ruang kerja menjadi salah satu faktor yang besar pengaruhnya terhadap kebahagiaan dan kepuasan kerja karyawan. Hal ini ditemukan dari hasil polling yang dilakukan kepada para pekerja di berbagai perusahaan di New Zealand. Dalam polling diajukan beberapa pertanyaan seputar pengaruh desain kantor dengan produktivitas kerja, inovasi dan kreativitas.

Berdasarkan hasil polling diketahui sebanyak 81% pekerja menyatakan bahwa iklim kantor dapat mempengaruhi kebahagiaan dan kepuasan kerja, yang secara tidak langsung berpengaruh pada produktifitas kerja. Sementara hasil studi secara umum mengatakan bahwa desain ruang kerja yang baik mempu meningkatkan 20% produktivitas.  

Adapun 9 faktor yang mendukung desain ruang kerja yang nyaman adalah:

1. Pencahayaan ruangan

Pencahayaan adalah faktor yang paling penting bagi pekerja agar tetap fokus dan memberikan inspirasi. Sedang pencahayaan yang buruk dapat menyebabkan kelelahan, kerusakan pada mata, kepala pusing dan iritasi. Ruang gelap atau remang juga bahkan bisa menyebabkan depresi pada pekerja.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan: Anda mungkin tidak punya kendali atas lampu yang umumnya digunakan jadi Anda bisa memasang lampu tambahan (bila perlu). Pertimbangkan untuk menggunakan bola lampu alami atau perangkat terapi cahaya.

Jika Anda bekerja dari rumah: Bukalah jendela atau pintu dan biarkan cahaya masuk. Gunakan lampu dengan dua fungsi yang berbeda; satu ketika cuaca berawan atau ketika gelap.

2. Bentuk meja kerja

Robert Propst mendesain ruang kerja dengan bentuk kubik atau bilik pada tahun 1960-an. Awalnya dirancang untuk menyelamatkan kita dari bentuk desain kantor lama di pra-1960 (di mana semua meja berbaris dan menghadap ke arah yang sama seperti ruangan di sekolah). Sayangnya bentuk bilik kerja ini justru membuat pekerja paling tidak bahagia.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan: Pekerja yang berada di ruangan khusus, dinilai paling bahagia dan jauh dari frustrasi. Pasalnya para pekerja akan jauh dari kebisingan, tekanan dari pekerja lain dan jauh dari gangguan.

Jika Anda bekerja di rumah: Akan menjadi lebih nyaman dan konsentrasi jika Anda memiliki ruang kerja sendiri di rumah. Hal ini membantu Anda jauh dari keributan, kebisingan dan godaan lain seperti televisi.

3. Warna Ruangan

Warna memiliki efek yang kuat terhadap suasana hati dan kerja otak. Selain itu warna juga bisa membangkitkan respon fisik dan emosi. Jadi mendesain ruang kerja dengan penuh warna (colourful) sangat berguna untuk merangsang produktivitas kerja.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan: Jika ruang kerja memang hanya didesain dengan warna polos seperti putih saja, memasang poster atau desain-desain penuh warna boleh saja Anda lakukan. Anda bisa menggunakan kartu pos, guntingan majalah atau blok warna untuk menginspirasi Anda saat bekerja.

Jika Anda bekerja di rumah: Memiliki ruang kerja pribadi di rumah justru lebih membebaskan Anda untuk berekreasi. Pertimbangkan untuk mengubah warna dinding ruang kerja dengan warna-warna yang cerah ceria, atau menggantungkan poster besar dengan dominasi warna cerah tertentu.

4. Pemandangan ruang kerja yang alami

Kita adalah makhluk biologis, jadi kita sangat dipengaruhi oleh faktor psikologi dan fisiologi, yang secara langsung memengaruhi kemampuan kita menjadi produktif.

Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan: Usahakan ruang kerja memiliki jendela di dekat ruangan Anda sebagai inspirasi tambahan selama Anda bekerja. Jika tidak, ciptakan ruang kerja Anda ibarat seperti alam terbuka yang sejuk dan segar, seperti menempatkan tanaman hijau di sekitar meja kerja.

Jika Anda bekerja di rumah: Biarkan jendela ruangan terbuka agar udara segar masuk. Jika anda tidak memiliki jendela, maka pasanglah gambar-gambar panorama yang sejuk dan asri di dinding ruang kerja atau lengkapi pula ruangan dengan beberapa tanaman-tanaman hijau kecil di sekitar meja kerja.

5. Suhu udara ruang kerja

Sebagian besar kantor menjaga suhu sekitar 65-68 Fahrenheit namun nyatanya suhu itu sangat tidak baik untuk produktivitas kerja. Ruangan yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas akan jauh lebih nyaman bagi para pekerja.

Jika Anda bekerja di perusahaan: Pekerja mungkin tidak memiliki andil dalam mengatur suhu AC di ruangan. Apabila suhu yang dipasang tampak tidak sesuai dengan kondisi fisik Anda, akan lebih baik jika mempersiapkan diri dengan membawa jaket atau sweater untuk melindungi diri dari suhu yang membuat Anda kedinginan dan tidak berkonsentrasi saat bekerja.

Jika Anda bekerja di rumah: Anda memiliki kontrol atas suhu ruang kerja yang membuat Anda nyaman. Anda bisa hanya membuka jendela saja atau memasang AC sehingga Anda bisa berkonsentrasi bekerja.  

Bagaimana dengan suasana ruang kerja Anda saat ini? Sudahkah mencakup beberapa hal penting di atas?

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami