9 Hal Ini Sebaiknya Diajarkan oleh Ayah
Sumber: Google

Parenting / 3 August 2015

Kalangan Sendiri

9 Hal Ini Sebaiknya Diajarkan oleh Ayah

Theresia Karo Karo Official Writer
3848

Keluarga merupakan tempat pertama untuk seseorang bisa belajar tentang cinta, kasih, disiplin, dan berbagai keterampilan hidup lainnya. Sehingga, orang tua berperan sangat penting dalam perkembangan Si kecil. Untuk itu, sangat diharapkan ayah dan ibu berperan aktif dalam mendidik anak.

Selama ini mungkin kita lebih sering mendengar kedekatan anak dan ibu, namun bagaimana dengan Ayah? Apakah tanggung jawab hanya sekedar menjadi kepala keluarga dan mencari nafkah bagi keluarga? Tentu tidak, anak-anak juga membutuhkan perhatian dan pengajaran dari seorang ayah. Berikut sembilan hal yang lebih baik diajarkan oleh ayah kepada anak:


1. Responsif
Sosok ayah yang responsif adalah langkah awal yang diperlukan untuk membangun hubungan yang baik dengan Si kecil. Hargai usaha mereka dalam melakukan sesuatu, seperti saat dia menunjukkan hasil gambar dan tulisannya, atau membantu Anda. Pujian dari Sang ayah dapat membuatnya semakin semangat untuk melakukan dan memberikan yang terbaik darinya.

2. Penghargaan diri
Untuk ini, seorang ayah harus aktif dan sepenuhnya terlibat dalam kehidupan anak. Jangan segan untuk memberitahu Si kecil, bahwa Anda sangat menyayanginya dan dia adalah harta paling berharga dalam hidup Anda. Selain lebih bisa menghargai dirinya, kata-kata positif ini sekaligus membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan lebih percaya diri.

3. Menepati janji

Dari ayah mereka bisa belajar tentang pentingnya menepati janji. Janji yang Anda ucapkan adalah dasar yang membangun hubungan Anda dan Si kecil. Jangan berikan harapan kosong pada anak, bila Anda sudah berjanji maka tepatilah.

4. Disiplin

Kasar berbeda dengan tegas. Bila anak berbuat salah, jangan pernah menghukum mereka dengan kekerasan dan perlakuan kasar. Amarah dan emosi tidak akan membuat anak mengerti kesalahannya. Berikan penjelasan hingga dia mengerti mana yang bisa atau yang tidak bisa dilakukan olehnya.

Karena ketidaktahuan mereka, maka anak-anak perlu dibimbing untuk melakukan sesuatu secara wajar, batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar, mengisi waktu dengan baik, tanggung jawab, dan yang paling utama adalah kegembiraan saat melaksanakannya.

5. Pemandu

Terutama saat anak sudah memasuki usia remaja. Karena saat itu, anak akan menerima banyak informasi dan pengaruh di luar keluarga. Untuk itu, jadilah sahabatnya. Berikan mereka kesempatan untuk bertanya tentang apapun itu. Baik itu tentang berpacaran, bahaya rokok, seks, dan lain sebagainya.

Karena di usia ini, keingintahuan anak sangat tinggi. Daripada mereka mendapat informasi yang salah di luar sana, bukankah lebih baik bila mereka datang kepada Anda dan bertanya tentang masalah pribadi mereka? 

6. Role model

Menjadi teladan adalah jawaban agar anak bisa mematuhi aturan keluarga. Selain itu, anak-anak juga membutuhkan Anda sebagai panutan. Sadar atau tidak, anak laki-laki Anda akan tumbuh menjadi seperti Anda. Sedangkan anak perempuan, akan mencari pria dengan karakter seperti ayahnya. Oleh sebab itu, beri mereka gambaran seorang ayah dan laki-laki yang dapat mereka banggakan.

7. Keterampilan hidup

Rumah adalah tempat yang sangat penting untuk anak-anak belajar tentang keterampilan hidup. Dan ayah berkesempatan untuk mengajarkan mereka keterampilan untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, mandiri, produktif, dan sehat.

8. Toleransi

Saat Anda menghabiskan waktu dengan anak-anak, berikan ruang untuk mereka. Beri mereka kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya, belajar, bereksperimen, dan belajar saling menghargai.

9. Cinta

Dan paling penting adalah cinta. Bukan hanya kata, namun beri waktu kebersamaan yang berkualitas untuk mereka bisa menikmati kasih sayang dari Anda. Anak-anak yang merasa dicintai lebih mungkin untuk mengembangkan ikatan emosional yang kuat dengan Ayah. Mereka juga lebih bisa untuk mengembangkan kepercayaan diri yang positif.

 

Sumber : Metrotvnews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami