Menteri Keuangan Tegaskan Ekonomi Indonesia Aman

Nasional / 31 July 2015

Kalangan Sendiri

Menteri Keuangan Tegaskan Ekonomi Indonesia Aman

daniel.tanamal Official Writer
3179
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menegaskan, bahwa meskipun nilai rupiah terhadap dollar AS cenderung terus melemah, namun belum ada tanda-tanda yang mengindikasikan Indonesia dalam krisis finansial. Menkeu menjelaskan, setelah beberapa kali pertemuan Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK), terlihat kondisi fundamental ekonomi saat ini stabil dan belum terlihat adanya tanda-tanda krisis.

Menurutnya, saat ini situasinya berbeda ketika terjadi krisis moneter pada 1998 karena fenomena pelemahan rupiah terhadap dollar AS saat ini juga dialami negara-negera berkembang lain dan laju inflasi juga masih relatif terkendali hingga akhir tahun. "Kita lihat kondisi fundamentalnya. Saat ini masih aman terkendali dan tidak ada indikasi krisis. Inflasi saat ini terkendali. Ketika rupiah melemah tajam, inflasi luar biasa pada 1998. Waktu 1998, rupiah melemah. Pertumbuhan ekonomi juga negatif minus 14 persen. Kalau sekarang, pertumbuhan aman meski melambat," ujarnya di Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Menkeu kembali menegaskan pelemahan rupiah terjadi akibat penguatan dollar AS karena rencana normalisasi kebijakan moneter The Fed (Bank Sentral AS) yang terus menimbulkan spekulasi dan ketidakpastian perekonomian global. Namun, ia memastikan bahwa pemerintah dan para investor telah mengantisipasi (price in) apabila suku bunga acuan The Fed benar-benar mengalami kenaikan karena hal tersebut telah menjadi proyeksi berbagai pihak sejak awal.

"Rapat FOMC menunjukkan ekonomi AS makin membaik. Itu menimbulkan spekulasi tentang kenaikan tingkat bunga. Ini yang kita sebut dengan price in dari perkiraan kenaikan tingkat bunga. Jadi, apabila benar-benar ada kenaikan, memang ada gejolak, tapi tidak besar," kata Menkeu.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada Jumat sore anjlok ke level Rp 13.539 per dollar AS. Posisi ini kembali menempatkan rupiah pada level terendah sejak krisis tahun 1998 silam.


Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami