Kurang Percaya Diri? Bergaullah Dengan Teman Tipe Ini

Kurang Percaya Diri? Bergaullah Dengan Teman Tipe Ini

Lori Official Writer
4031
Percaya diri adalah salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin akan kemampuan sendiri dan menghargai segala hal yang melekat kepadanya. Menurut kamus istilah bimbingan dan konseling, percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada diri sendiri untuk membuat atau melakukan sesuatu tindakan.

Untuk mendapatkan kepercayaan diri seseorang, lingkungan dan komunitas memiliki pengaruh besar didalamnya. Salah satunya adalah sikap percaya diri yang dimiliki teman-teman di sekeliling seseorang bisa menular secara tidak disadari. Louise Wasylkiw, Ph.D, seorang ketua penelitian dan professor di Mount Allison University di Canda mencontohkan seperti ini. “Misalnya ketika temanku berpikir dia tidak cantik, aku merasa harus berempati sehingga aku pun akhirnya merasa tidak cantik,” ucap Louise seperti dikutip dari Womenshealthmag, Minggu (12/7).

Tak perlu latihan untuk mewujudkannya, hanya cukup menularkan energi positif pada teman-teman saja. Karena itu, sangat penting memilih teman yang senantiasa memancarkan energi positif dari dalam dirinya. Kendati begitu, tak mudah memang mendapatkan teman-teman yang selalu berpikiran positif. Setidaknya Anda akan bertemu dengan pribadi yang masih memiliki persepsi negatif akan bagian dari dirinya yang tampak kurang baik, seperti berat badan, penampilan dan bagian tubuh tertentu. Hal ini banyak dialami oleh kaum wanita.

Untuk menghindari orang-orang demikian, seseorang bisa memulai lebih dulu menyuntikkan energi positif pada teman. Sebab secara otomatis tindakan itu juga akan menularkan energi positif kepada dirinya sendiri.

Selain itu, rasa percaya diri juga bisa didapatkan dengan cara memberikan pujian kepada orang lain. Hal inilah yang mendorong seseorang menjadi tampil lebih percaya diri setelah dipuji orang lain.

Sebelum Anda menularkan rasa percaya diri kepada teman, Anda harus memulainya dari diri Anda sendiri. Tentunya Anda berharap bukan orang-orang yang mempunyai energi negatif di sekitar Anda akan ikut terbawa dengan energi positif yang Anda tularkan?

Sumber : Okezone.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami