7 Alasan Seseorang Enggan Menikah Di Usia 20-an

Single / 26 July 2015

Kalangan Sendiri

7 Alasan Seseorang Enggan Menikah Di Usia 20-an

Theresia Karo Karo Official Writer
5736

Generasi saat ini banyak yang menganggap bahwa 30s is the new 20s. Sehingga dari pendapat ini banyak muda-mudi yang betah menyandung status melajang. Berikut beberapa hal yang seringkali menjadi alasan seseorang tidak mau menikah di usia 20an:

Fokus Karier

Benar bila dikatakan usia 20-an adalah saat genting untuk menata karier dan mencapai kemapanan. Ditambah dengan peluang dan kesempatan kerja yang lebih luas bagi yang belum menikah. Selain itu, pernikahan tidak hanya membutuhkan persiapan batin, penting juga mempersiapkan materi. Finansial yang belum stabil juga turut menjadi alasan seseorang enggan menikah di usia muda.

Masih Ingin Bebas

Belum puas menikmati waktu sendiri. Peran baru saat menyandang status sebagai suami atau istri memerlukan komitmen dan tanggung jawab besar. Selama masih berumur 20-an akan ada banyak kesempatan dan kebebasan yang bisa dilakukan, dibandingkan setelah menikah. Akan ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dan seringnya melibatkan pasangan dalam pengambilan keputusan.

Punya Tanggung Jawab Lain

Semisalnya menjadi penyokong ekonomi keluarga. Prioritas menjadi perhitungan bagi seseorang yang merasa sudah mantap untuk menikah.

“Diserbu” Ketakutan dan Kecemasan

Hal ini bisa berasal dari diri sendiri atau pengaruh lingkungan. Yang berasal dari diri sendiri, seperti takut tidak bahagia, kebebasan terampas, terkekang dan lain sebagainya. Kalau yang berasal dari luar, mungkin trauma. Sebagai salah satu contohnya adalah  berada di keluarga yang kurang harmonis atau hubungan yang selalu kandas.

Mimpi Belum Tercapai

Mimpi belum tercapai ternyata turut menjadi alasan seseorang enggan menikah di umur 20-an. Kesulitan mewujudkan mimpi bahkan mampu menyebabkan seseorang mengabaikan pernikahan.

Baru Menemukan Jati Diri

Terdapat anggapan bahwa kehidupan sesungguhnya dimulai pada umur 20. Di sini seseorang dapat benar-benar mengetahui apa yang diinginkannya.

Menikah Untuk Selamanya. Kenapa Harus Buru-buru?

Hubungan yang terjadi lama tidak menjamin pernikahan bakalan aman dari konflik. Jadi untuk apa terburu-buru?

Tetapi apapun itu, semua kembali lagi ke pribadi masing-masing. Anda pasti punya pendapat sendiri tentang tujuh alasan di atas. Setiap orang pasti memiliki pilihan masing-masing untuk berbahagia. Yang penting adalah melibatkan hikmat dari Tuhan untuk menemukan sosok yang tepat, di waktu yang tepat, karena semua akan indah pada waktu-Nya.


Sumber : Republika/Vemale.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami