6 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang
Sumber: www.royco.co.id

Entertainment / 23 July 2015

Kalangan Sendiri

6 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang

Lori Official Writer
9700

Tahukah Anda bahwa kebiasaan memanaskan kembali makanan ternyata berdampak buruk bagi kesehatan loh! Barangkali sebagian dari Anda memanaskan makanan dengan alasan sayang bila harus dibuang. Ya, sebagian makanan sisa mungkin masih bisa diolah kembali, namun tidak dengan 6 jenis makanan ini karena hanya akan menghilangkan kandungan gizinya dan bahkan menjadi racun. Jenis makanan apa sajakah itu? Berikut uraiannya. 

1. Jamur 

Sumber: resepmasakanbaru.com 

Masakan jenis jamur sebaiknya disantap saat masih hangat dan segar. Jika ternyata masih sisa, sebaiknya jangan dipanaskan ulang karena hanya akan menghilangkan kandungan proteinnya dan bahkan mengubah rasa jamur. Akibatnya dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. 

2. Telur 

Sumber: www.royco.co.id 

Telur dadar dan telur rebus akan lebih nikmat disantap ketika masih dalam keadaan hangat. Namun ketika sudah dalam kondisi dingin dan dipanaskan, maka telur akan rusak. Kandungan proteinnya yang kaya akan hilang. Tak hanya itu, paparan suhu tinggi secara berulang pada telur hanya akan membuat telur menjadi racun yang berbahaya bagi kesehatan. Terutama telur yang dimasak dengan cara direbus. 

3. Bayam 

Sumber: www.nadyacooking.com 

Tahukah Anda bahwa sayur bayam akan berubah menjadi racun jika dikonsumsi melebihi waktu 4-5 jam setelah dimasak. Apalagi harus dipanaskan ulang setelah seharian atau bermalam. Pasalnya, kandungan zat besi yang terkandung dalam bayam akan teroksidasi jika terkena udara terlalu lama. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam hanya dalam kondisi segar dan sehabis dimasak. 

4. Kentang 

Sumber: Jawaban.com
Kentang adalah bahan makanan yang dapat diolah menjadi beragam menu makanan istimewa. MUngkin dengan cara digoreng atau dimasak. Tetapi tahukah Anda bahwa kentang yang Anda anggap sebagai sumber gizi yang kaya justru akan berubah menjadi makanan yang miskin gizi ketika dipanaskan ulang. Sangat dianjurkan memakan kentang sesaat setelah dimasak atau dimakan setelah dalam kondisi dingin. 

5. Seledri 

Sumber: www.motherandbaby.co.id
Seledri adalah jenis daun yang biasanya dijadikan sebagai bahan campuran sup. Seperti diketahui, mungkin Anda biasanya akan memanaskan sup jika ternyata sisa. Bila demikian, akan lebih baik membuang terlebih dahulu seledri dari sup untuk menghindari terjadinya perubahan fungsi kandungan nitrat dalam selidri menjadi nitrit yang bersifat karsinogenik atau pemicu kanker. 

6. Ayam 

Sumber trikfotografi.com 

Mengejutkan bukan bahwa ayam adalah salah satu makanan yang seharusnya tak perlu dipanaskan ulang. Alasannya karena proses pemanasan hanya akan menghilangkan kandungan protein dalam daging ayam. Salah satu cara untuk menghindari hal itu hanya jika memanaskan ayam dengan kondisi api kecil dalam waktu singkat saja.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami