PGI: Tokoh Islam Tolong Prakarsai Perdamaian

Internasional / 21 July 2015

Kalangan Sendiri

PGI: Tokoh Islam Tolong Prakarsai Perdamaian

Lori Official Writer
5029
Pasca peristiwa yang melanda tanah Papua pekan lalu, sejumlah pihak tampaknya mulai terpancing kebencian. Hal ini tampak menyusul terjadinya insiden percobaan pembakaran pintu gereja di Purworejo, Jawa Tengah dan Bantul, Yogyakarta, Senin, 20 Juli 2015. Dengan itu, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) meminta agar tokoh-tokoh Islam di Tanah Air memprakarsai perdamaian dan tidak tersulut provokasi yang mengatasnamakan agama.

“Kami minta tokoh-tokoh umat Islam untuk menenangkan umat. Kami juga berharap para tokoh Islam untuk membuat prakarsa yang bisa mendamaikan suasana,” kata Kepala Humas PGI Jeirry Sumampov, seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (21/7).

Jeirry mengatakan peristiwa Tolikara telah memancing reaksi negatif terhadap umat Kristiani. Sehingga posisi gereja dianggap menjadi sulit. Ia meminta agar masyarakat jangan menganggap peristiwa Tolikara sebagai konflik antara umat Kristen dan Islam saja. “Pihak gereja memang menjadi sulit dengan adanya kasus Tolikara itu,” terangnya.

Menyusul tersiarnya berita tentang laporan ancaman terhadap beberapa gereja di wilayah Jawa, Jeirry meminta agar pihak gereja tetap waspada saat beribadah. “Jangan mencolok dalam melakukan acara atau ibadah di gereja. Saat ini ada kelompok masyarakat tertentu yang bergerak setelah adanya masalah Tolikara. Ini dimainkan oleh pihak ketiga,” pesan Jeirry.

Menanggapi pernyataan PGI, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidan menyampaikan kepada seluruh umat Islam agar tidak terprovokasi dengan peristiwa Tolikara. Seruan itu dianggap penting untuk mencegah reaksi negatif dan aksi balasan yang tak terduga.

PGI dan MUI juga meminta kerja sama dari pemerintah dan aparat kepolisian untuk melakukan pencegahan agar kebencian akibat kasus Tolikara tidak semakin meluas. Pihak kepolisian diminta untuk menuntaskan kasus Tolikara dan menemukan dalang di balik peristiwa tersebut.

Seperti diketahui, beberapa media pemberitaan menyiarkan bahwa percobaan pembakaran pintu gereja di Purworejo berkenaan dengan peristiwa Tolikara. Namun, dugaan ini masih belum diketahui pasti kebenarannya, dan kini tengah diusut oleh pihak yang berwajib.

Sumber : Cnn Indonesia/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami