Victor Silaen: Pemerintah Tegakkan Supremasi Hukum, Jangan Cuma Kecam

Nasional / 19 July 2015

Kalangan Sendiri

Victor Silaen: Pemerintah Tegakkan Supremasi Hukum, Jangan Cuma Kecam

daniel.tanamal Official Writer
5710

Pengamat Sosial Politik Victor Silaen meminta agar pemerintah bersikap dan bertindak tegas terhadap setiap peristiwa yang berpotensi merusak harmoni relasi antarumat beragama. Terkait dengan insiden di kabupaten Tolikara, Papua, pada Jumat (17/7), Victor mengatakan bahwa para pelaku harus segera ditindak.

"Pemerintah bersikap dan bertindak tegas atas setiap peristiwa yang berpotensi merusak harmoni relasi antarumat beragama. Tindak tegas siapa pun pelaku dalam Insiden Tolikara, tindak tegas juga pelaku penghancuran gereja HKI di Samarinda, juga yang terakhir di Solo,” katanya kepada Jawaban.com, Minggu (18/7).

Pengajar dari Universitas Pelita Harapan (UPH) ini juga secara tegas meminta kepada pemerintah untuk menegakkan supremasi hukum secara merata, bahkan meminta untuk segera membuka Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Yasmin Bogor yang sampai saat ini masih disegel oleh pemerintah kota setempat, meskipun Mahkamah Agung telah mengeluarkan putusan nomor 127/PK/TUN/2009 pada 9 Desember 2009 yang memenangkan gereja tersebut terkait dengan izin mendirikan bangunan (IMB). “Pendekatan yang harus diambil pemerintah adalah Penegakan Hukum. Maka, buka segera GKI Yasmin atas nama Hukum kalau betul Indonesia adalah negara hukum,” tambahnya.

Terakhir, Victor menyatakan agar pemerintah tidak lagi melakukan diskriminasi diantara masyarakat Indonesia terutama antara masyarakat di wilayah timur dan wilayah barat. “Saya selaku rakyat Indonesia menyatakan sangat bosan dengan pemerintah yang hanya bisa mengecam dan menyatakan prihatin. Saya minta, tegakkan Supremasi Hukum dimana pun, di setiap jengkal teritorial NKRI ini. Jangan diskriminasi antara Timur dan Barat, atau Papua dan Jawa,” tutupnya.

Situasi di Tolikara Papua sendiri saat ini berlangsung aman dan kondusif, dimana sebelumnya telah tercapai kesepakatan perdamaian diantara Umat Kristen dan Umat Muslim setempat dengan disaksikan petinggi pejabat pemerintah dan aparat keamanan.

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami