Umat Kristen dan Muslim di Tolikara Papua Sepakati Perdamaian
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 18 July 2015

Kalangan Sendiri

Umat Kristen dan Muslim di Tolikara Papua Sepakati Perdamaian

daniel.tanamal Official Writer
4870
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <!--[endif]-->

Umat Kristen dan Muslim di Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua sepakat untuk berdamai. Kesepakatan perdamaian itu dihadiri langsung oleh pihak GIDI (Gereja Injili di Indonesia) dan tokoh perwakilan umat Muslim setempat. Juga pihak keamanan yaitu Kapolda Papua Inspektur Jenderal Yotje Mende dan Panglima Daerah Militer XVII/Cendrawasih Mayor Jenderal Fransen G Siahaan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Papua Komisaris Besar Patride Renwarin mengatakan, beberapa butir kesepakatan ditandatangani dalam pertemuan tersebut. "Pertemuan Muspida dengan para tokoh agama di Tolikara sudah terlaksana di Karubaga," kata Patridge kepada CNN Indonesia, Sabtu (18/7).

Poin pertama yang disepakati adalah, pemerintah daerah akan memberi bantuan pada warga yang kiosnya terbakar. Kapolda dan Pangdam dalam kesempatan itu juga berkenan memberi bantuan pada warga yang menderita kerugian akibat kerusuhan. "Pemda juga memberi bantuan modal usaha," ujarnya.

Disepakati bahwa kedua kelompok setuju membawa kasus ke jalur hukum. Siapapun yang bersalah harus ditindak. Bahkan penyelidikan juga tak sebatas pada masyarakat sipil. Adanya penembakan yang melukai penyerang akan diinvestigasi. Kapolda menurutnya akan menyelidiki apakah tembakan yang dilepaskan petugas saat kejadian sudah sesuai dengan prosedur standar atau tidak.

Kesepakatan nantinya akan jadi kerangka kerja bagi pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Hingga saat ini menurut Patridge situasi di Karubaga dilaporkan kondisif. Beberapa petugas keamanan masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan.

Untuk proses penegakan hukumnya, saat ini polisi baru memeriksa lima orang saksi. Namun untuk menjaga situasi kondusif, polisi memilih untuk berhati-hati menangani kasus ini karena dikhawatirkan akan kembali terjadi perpecahan.



Sumber : berbagai sumber/cnni/ipost
Halaman :
1

Ikuti Kami