Lori

Official Writer
2493


Bagi pemudik yang menyetir kendaraan sendiri, sebaiknya tetap menjaga stamina tubuh selama perjalanan. Selain menjaga tubuh dengan istirahat yang cukup, pemudik sangat dianjurkan memperhatikan  jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Pilihlah makanan yang tepat agar tidak lemas dan lelah selama perjalanan di jalan. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman ini.

1. Minuman manis

Spesialis gizi, dr Tirta Prawita Sari, M.Sc.,Sp.GK mengatakan bahwa makanan dan minuman yang banyak mengandung gula bisa menimbulkan rasa lelah. Sangat tidak dianjurkan bagi pemudik untuk mengkonsumsi minuman manis bersoda dan tanpa soda. Sebab akan memicu kenaikan gula dalam darah yang menyebabkan mudah lelah dan ngantuk. Untuk itu air putih akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Gorengan

Kandungan lemak di dalamnya akan menyebabkan metabolism tubuh bekerja lebih lambat. Selain itu, gorengan akan memicu rasa haus yang berlebihan. Sehingga tubuh akan mudah lemas, tenggorokan pun meradang. Sebaiknya bekali diri dengan makanan yang dikukus, rebus atau panggang saja. Misalnya, roti bakar, ubi kukus atau lontong.

3. Makanan pedas

Makanan pedas memang bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Namun Anda tetap harus memperhatikan kenyamanan pencernaan Anda. Akan sangat repot bila efek dari makanan pedas yang diproses dalam lambung menyebabkan mules, diare hingga sakit maag. Sebisa mungkin hindari makanan dengan bumbu pedas selama perjalanan mudik.

4. Cemilan asin

Keripik adalah salah satu cemilan yang paling banyak dikonsumsi ketika sedang beraktivitas. Apalagi dianggap akan sangat nikmat ketika menjadi makanan saat dalam perjalanan. Menurut dr Tirta, selain makanan dengan kandungan manis, makanan dengan kandungan asin pun sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi saat mudik. Sebab kandungan asin akan sangat mudah meningkatkan risiko dehidrasi dan naiknya tekanan darah. Untuk itu, akan lebih baik jika mengkonsumsi kacang rebus, goreng atau biskuit untuk cemilan.

5. Minuman berkafein

Selain minuman manis, ternyata minuman berkafein seperti kopi juga sangat tidak disarankan saat melakukan perjalanan mudik. Alasannya, minuman yang mengandung kafein akan meningkatkan jumlah gas dalam lambung sehingga akan membuat lambung tidak nyaman.

Daripada mengkonsumsi makanan dan minuman yang justru merugikan kesehatan sepanjang perjalanan mudik, lebih baik mengkonsumsi buah-buahan atau makanan yang dikukus sendiri untuk memenuhi asupan serat dalam tubuh.


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2