Presiden Jokowi Tampung Aspirasi Publik di Kanal ‘Lapor Presiden’
Sumber: laporpresiden.org

Nasional / 13 July 2015

Kalangan Sendiri

Presiden Jokowi Tampung Aspirasi Publik di Kanal ‘Lapor Presiden’

Lori Official Writer
5020
<!-- endif]-->

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menampung aspirasi publik secara terbuka melalui kanal resmi www.laporpresiden.org, yang diluncurkan sejak Juni 2015 lalu. Lewat akun Twitter dan Facebook-nya, Jokowi mengajak masyarakat untuk melaporkan masalah yang terjadi di sekitarnya dalam kanal tersebut.

“Ada masalah di sekitar saudara? Laporkan ke saya melalui laporpresiden.org. Kanal ini hasil kreativitas anak bangsa- Jk,” tulis Jokowi di akun Twitter pribadinya @jokowi, Minggu (12/7).

Jokowi berharap kanal ini bisa menampung banyak masukan dari masyarakat soal kebijakan dan persoalan negara. Selain itu, kanal ini juga dijadikan sebagai tempat masyarakat bisa saling berbagi masukan dengan anggota masyarakat lain. Kanal ‘lapor presiden’ ini tersambung secara otomatis dengan laman Facebook. Sehingga masyarakat harus terlebih dahulu login atau masuk menggunakan akun Facebook. Setelah itu menuliskan laporan permasalahan ataupun masukan dengan mengklik menu laporan.

“Saudara-saudara, saya percaya masukan langsung saudara-saudara bermanfaat untuk membuat keadaan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, selain melalui Facebook dan Twitter saya, sekarang saya tambah sebuah kanal saluran komunikasi langsung hasil karya anak bangsa. Kala tersebut adalah www.laporpresiden .org, kanal penyaluran laporan masyarakat yang dibuat dengan kreatif. Laporan saudara akan terlihat di kanal tersebut dan dapat ditanggapi oleh anggota masyarakat lain,” tulis Jokowi di laman akun Facebook pribadinya, Minggu (12/7).

Ia meyakinkan bahwa masukan yang masuk akan dirangkum dan dicek setiap bulan oleh Sekretariat Kabinet. Setiap masukan akan menentukan solusi serta melahirkan kebijakan yang selaras dengan kepentingan rakyat. “Silahkan manfaatkan kanal tersebut di samping kanal-kanal lain yang sudah ada. Mari terus bekerja dan mengawal pembangunan negara kita,” terang Jokowi yang sudah menerima masukan lewat Facebook dan Twitter sebelumnya.

Lain presiden lain pula bentuk pelayanannya. Di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), misalnya, bentuk pengaduan dilakukan melalui pesan singkat (SMS) ke 9949 dan Kotak Pos 9949 Jakarta 10000. Dan saat ini Presiden Joko Widodo lebih memanfaatkan layanan internet yang lebih transparan dan terbuka. Kedua bentuk pelayanan ini tentu sama-sama baik adanya.

Sumber : Kompas.com/Beritasatu.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Tema Paskah 2024
  3. Daily Devotional
  4. Ayat Alkitab
  5. Kisah Nyata

Related Articles

Ikuti Kami