6 Cara Hasilkan Uang di Sosial Media

6 Cara Hasilkan Uang di Sosial Media

Puji Astuti Official Writer
3737

Saat ini sudah umum bagi seseorang minimal memiliki satu akun di sebuah sosial media. Selain itu tidak sedikit yang sudah memanfaatkan sosial media untuk mengembangkan usahanya, karena ternyata sosial media tidak hanya untuk ber-narsis ria saja, tetapi bisa juga menjadi pilihan berkarir atau bahkan berwirausaha.

Jadi, Anda bisa menghasilkan uang dari postingan di sosial media dengan melakukan apa yang menjadi passion atau hobi Anda. Caranya tidak terbatas pada bisnis atau jual beli saja loh, ada banyak hal yang bisa membuat Anda menghasilkan pundi-pundi uang, bahkan bukan rupiah tapi dolar yang masuk ke kantong Anda. Bagaimana caranya? Simak pemaparannya di bawah ini:

1. Jualan produk

Ini adalah cara paling mendasar dalam memanfaatkan sosial media untuk menghasilkan uang. Jika Anda memiliki produk atau bahkan toko online, maka sosial media merupakan pasar yang luas untuk mempromosikan produk Anda. Yang sangat penting adalah bagaimana Anda bisa menjaga kepercayaan para pelanggan Anda, karena komentar mereka tentang produk dan layanan Anda akan menjadi faktor penting keberhasilan Anda.

2. Layanan promosi

Jika Anda memiliki teman atau follower yang cukup banyak, maka salah satu peluang yang menjanjikan penghasilan melalui sosial media adalah dengan layanan promosi. Karena dari ribuan atau bahkan jutaan follower atau teman Anda di sosial media merupakan klien potensial bagi sebuah produk atau layanan jasa.

3. Sponsorship

Peluang yang satu ini menjanjikan uang yang cukup besar, tentunya kembali kepada besarnya jangkauan Anda pada potensial klien yang ingin dituju perusahaan yang menjadi sponsor Anda. Contohnya adalah sebuah merek produk tertentu yang menjadi sponsor Anda yang memiliki page di Facebook tentang travelling. Kesepakatan sponsorship bisa dengan menampilkan Anda menggunakan produk itu pada saat travelling dan mengeksposenya dalam sosial media Anda.

4. Iklan

Salah satu perbedaan antara sponsorship, layanan promosi dengan iklan adalah sponsorship dan layanan promosi dengan produk tertentu biasanya hanya dalam jangka pendek atau dalam jangka waktu kontrak yang disepakati bersama. Namun penghasilan melalui iklan di sosial media, contohnya YouTube bisa memberikan Anda penghasilan bulanan jika Anda menjaga jumlah visitor Anda.

5. Affiliate Marketing

Jenis pemasaran ini memberikan Anda komisi setiap ada barang terjual melalui link khusus yang Anda promosikan melalui akun sosial media Anda. Banyak sosial media yang mengijinkan Anda untuk mempromosikan link afiliasi, sehingga setiap ada orang yang mengklik link tersebut dan melakukan transaksi, akan ada komisi penjualan yang masuk ke rekening Anda.

6. Tingkatkan visibilitas Anda sebagai seorang seniman

Jika Anda seorang seniman, penulis atau bahkan entrepreneur dalam bidang kreatif, maka sosial media bisa menjadi alat agar orang-orang lebih mengenal Anda. Banyak seniman yang menjadi terkenal dan telah berhasil menjual karya seninya melalui akun sosial media mereka.

Mengapa penting menggunakan sosial media? Karena melalui sosial media Anda meningkatkan kemungkinan Anda untuk menjangkau calon klien menjadi 1000 kali lipat dan membuat Anda dikenal sebagai seorang ahli jika Anda mengkhususkan pada suatu hal khusus. Jadi, mengapa menunggu besok untuk bisa menghasilkan uang melalui sosial media. Lakukan apa yang Anda sukai dimana saja dan kapan saja, lalu hasilkan keuntungan melalui sosial media Anda.

Sumber : bufferapp.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami