Gereja Filipina Tolak Pernikahan Sesama Jenis
Sumber: Jawaban.com

Internasional / 2 July 2015

Kalangan Sendiri

Gereja Filipina Tolak Pernikahan Sesama Jenis

Theresia Karo Karo Official Writer
4144
Filipina merupakan negara bekas jajahan Amerika Serikat selama 50 tahun. Menanggapi legalisasi pernikahan sesama jenis di AS, juru bicara kepresidenan Filipina Herminio Coloma Jr, mengungkapkan bahwa negaranya tidak mungkin setuju dengan yang dilakukan AS.

Menurutnya, isu ini bertentangan dengan hukum di negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik tersebut. “Hukum kami sudah jelas. UU Perkawinan hanya mengakui pernikahan di antara seorang pria dan seorang wanita,” ungkapnya dalam wawancara di radio (29/6).

Tanggapan yang serupa juga datang dari para uskup di Filipina. Ketua presidium konferensi waligereja Filipina, Uskup Agung Socrates Villegas, dalam pernyataannya menegaskan bahwa pihaknya akan tetap mempertahankan ajaran yang sesuai kebenaran Injil dan misi gereja. “Pernikahan adalah persatuan permanen pria dan wanita, dalam saling melengkapi jenis kelamin,” tulisnya.

Meskipun begitu, dirinya juga meyakinkan bahwa Gereja Katolik tidak akan mendiskriminasi kelompok lesbian, gay, biseksual, dan trangender (LGBT). “Semua akan terus diterima di Gereja. Sementara, di bawah perintah Tuhan sendiri, akan terus mengajarkan apa Gereja lakukan tanpa henti,” katanya.

Di pihak lain, umat Katolik konservatif mengaku khawatir dengan pelegalan pernikahan sesama jenis ini akan mengarah pada legalisasi aborsi. “Ini jelas bertentangan dengan Kitab Suci,” ungkap seorang jemaat di Tacloban City.


Sumber : Ucanews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami