Topi Milik Ayah
Kalangan Sendiri

Topi Milik Ayah

Puji Astuti Official Writer
      6951
Show English Version <!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Efesus 6:2-3

Hormatilah ayahmu dan ibumu -- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 30; Kolose 3; 2 Tawarikh 18-19

Di tengah-tengah perayaan, terjadi suatu tragedi. Peristiwa ini terjadi pada upacara pembukaan Pesta Olahraga Olimpiade musim panas tahun 1992 di Barcelona. Satu persatu kontingen memasuki stadion dan berpawai mengelilingi lapangan diiringi oleh sorak-sorai dari 65.000 penonton yang hadir. Namun, di salah satu sektor dari Stadion Olimpiade tersebut, rasa keterguncangan dan kesedihan melanda ketika Peter Karnaugh, ayah perenang Amerika Serikat, Ron Karnaugh, terkena serangan jantung yang fatal.

Lima hari kemudian, Ron tampil untuk mengikuti perlombaan dengan memakai topi ayahnya, yang dilepasnya dengan hati-hati sebelum perlombaan dimulai. Mengapa ia memakai topi itu? Itulah bentuk penghormatan sang perenang terhadap ayahnya, yang disebutnya sebagai “teman terbaikku”. Topi itu adalah topi yang dipakai ayahnya saat mereka pergi memancing dan melakukan hal-hal lain bersama. Memakai topi itu merupakan cara Ron untuk menghormati ayahnya yang telah menyertainya, menyemangatinya, dan membimbingnya. Ketika Ron menyelam ke dalam air, ia melakukannya tanpa kehadiran sang ayah, tetapi ia terinspirasi oleh kenangan tentang sang ayah.

Pada hari Ayah ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghormati ayah kita, seperti yang diperintahkan Kitab Suci untuk kita lakukan (Efesus 6:2). Salah satu caranya, bahkan bila mereka sudah tiada, adalah dengan menunjukkan penghormatan terhadap nilai-nilai kebaikan yang telah mereka ajarkan kepada kita.

Apa yang dapat Anda lakukan bagi ayah Anda hari ini sebagai tanda penghormatan yang sesuai dengan apa yang diajarkan Alkitab? —JDB

Ayah terbaik tak hanya memberi kita kehidupan — ia mengajar kita cara menjalani kehidupan itu.

Ikuti Kami