Hamil di Atas Usia 40 Tahun, Normalkah?
Sumber: Family.fimela.com

Parenting / 25 June 2015

Kalangan Sendiri

Hamil di Atas Usia 40 Tahun, Normalkah?

Lori Official Writer
16829
<!--[endif]-->

Dalam ilmu kedokteran, batas usia reproduksi sehat untuk hamil diperkirakan antara 25-30 tahun. Setelah melewati batas normal tersebut, risiko pertama adalah tak lagi bisa hamil karena masa kesuburan sudah semakin menurun.

Data statistik mencatat bahwa peluang wanita di atas suia 40 untuk hamil dengan sel telur sendiri menunjukkan penurunan drastis. Sekitar sepertiga dari seluruh kehamilan pada wanita di usia 40-45 tahun umumnya akan mengalami keguguran. Namun tampaknya hal ini tak sepenuhnya benar karena banyak wanita di usia lebih dari 40 tahun yang justru secara ajaib didapati masih bisa hamil dan melahirkan anak-anak yang sehat. Pengalaman ini terjadi pada artis Halle Berry, Kelly Preston, Tina Fey dan pengusaha kosmetik ‘Sari Ayu’ Martha Tilaar.

Kehamilan di usia ini memang bukan tidak terlepas dari berbagai macam risiko.  Ada yang akhirnya melahirkan secara normal tanpa gangguan dan melahirkan dengan beragam masalah kehamilan dan kesehatan diantaranya seperti :

- Mengalami keguguran dan kematian janin

- Melahirkan anak dengan keterbelakangan mental atau syndrome down

- Pendarahan postpartum atau sesudah melahirkan

- Gangguan hipertensi dan eklampsia

Untuk meminimalisir risiko tersebut, sangat disarankan untuk memperhatikan perkembangan janin selama masa kehamilan, yaitu dengan beberapa langkah berikut:

1. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter atau bidang. Sehingga jika ada gangguan atau kelainan maka tim medis akan segera melakukan tindakan. Akan jauh lebih penting lagi jika calon ibu menyiapkan diri dengan pemeriksaan untuk berbagai infeksi yang mungkin bisa terjadi.

2. Jaga pola makan dengan melakukan diet yang baik. Artinya, mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang cukup baik bagi ibu ataupun janin.  

3. Persiapkan fisik dan mental, dimana kondisi hamil tentu berbeda ketika ibu sedang tidak dalam keadaan hamil. Ibu harus sudah mulai menyiapkan diri menghadapi berbagai keluhan dengan sabar.

4. Terapkan pola hidup yang sehat. Seperti tidak merokok, minum alkohol dan obat-obatan yang bisa membahayakan janin. Ibu juga perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

5.  Mempersiapkan mental saat menjelang pra-persalinan agar prosesnya dapat berjalan lancer dan normal, tanpa harus melewati operasi besar.

Kehamilan di atas usia normal mungkin sudah dilewati oleh banyak wanita. Namun dengan menjaga kesehatan dan tetap berjaga-jaga dengan kondisi kesehatan, ibu hamil bisa meminimalisir risiko kehamilan dan bisa tetap sehat saat melahirkan.


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Kompas.com/Artikelkesehatananak.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami