3 Takjil Berbahan Kurma Santapan Sehat Usai Puasa

3 Takjil Berbahan Kurma Santapan Sehat Usai Puasa

Lori Official Writer
4079
Tahukah Anda, kurma dengan nama latin Phoenix dactylifera ini adalah tanaman palma dimana buahnya dapat dikonsumsi dan seringkali dijadikan makanan saat puasa. Alasannya, karena kurma kaya dengan kandungan zat gula yang bisa diubah oleh tubuh menjadi energi. Buah dengan rasa manis ini mengandung karbohidrat sekitar 60% pada kurma segar dan 70% pada kurma kering.

Selain bisa dimakan secara langsung baik kering dan segar, kurma juga bisa diolah menjadi aneka hidangan seperti roti, permen, es krim dan sirup. Tak hanya itu, kurma juga bisa diolah menjadi hidangan berbuka puasa loh! Seperti tiga pilihan hidangan takjil kurma sehat dan lezat berikut.

1. Susu Kurma Float  

Cara pembuatannya terbilang sederhana. Anda hanya perlu menyediakan bahan utama yaitu kurma, sari kurma, susu kental manis putih, air lemon, es krim vanilla dan air. Potong kurma memanjang lalu rendam dalam air lemon. Kemudian blender susu cair, air dan sari kurma. Tuangkan dalam gelas dan tambahkan es krim vanilla di atasnya.

2. Agar-Agar Kurma

Agar-Agar menjadi pilihan makanan pembuka puasa yang sangat ramah di lambung. Untuk membuat Agar-Agar kurma tak jauh berbeda dengan pembuatan agar-agar biasa. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan seperti Agar-Agar bubuk, kurma tanpa biji (potong kasar), susu cair dan madu. Cara penyajiannya adalah dengan memasukkan kurma dan susu ke dalam blender atau food processor dan dihancurkan hingga halus. Lalu dituang ke dalam wajan, masukkan sedikit pemanis alami  dan masak dan aduk hingga mendidih. Kemudian tuangkan ke dalam cetakan atau wajan. Dinginkan, lalu masukkan ke dalam lemari es hingga teksturnya mengeras dan siap disajikan.

3. Jus Belimbing Kurma

Jus dari buah bisa menjadi pilihan minuman segar saat akan berbuka puasa. Dengan campuran kurma, Anda juga bsia mencicipi takjil sehat jus belimbing kurma. Yang perlu Anda persiapkan adalah buah kurma kering dicincang halus, belimbing matang dan segar, sirup melon dan air hangat. Adapun cara pengolahannya, yaitu dengan mencampur kurma dengan air hangat. Lalu buah belimbing di serut. Setelah itu siapkan gelas, masukkan kurma, belimbing serut, es batu dan sirup melon. Alhasil, jus belimbing kurma siap disantap.

Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Okezone.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami