Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Theresia Karo Karo

Official Writer
8371


Kita pasti sering mendengar istilah pria berasal dari ‘Mars’, sedangkan wanita berasal dari ‘Venus’. Hal ini sering disinggung dalam buku yang menjelaskan perbedaan antara wanita dan pria dalam cara berkomunikasi.

Seringnya perselisihan terjadi karena miscommunication. Tenang saja, bukan berarti masalah ini menjadi jurang pemisah yang besar. Menurut Dr B Janet Hibbs, seorang terapis pasangan dan penulis “Try to See It My Way,” terdapat harapan bagi wanita dan pria untuk meminimalisir miskomunikasi ini. Asalkan keduanya bersedia menyesuaikan filter pada bagian otak untuk memproses apa yang diucapkan.Masalah komunikasi yang sering terjadi dalam hubungan pasangan bisa diatasi dan dihindari dengan cara sebagai berikut:

Pertengkaran

Bila pasangan berbuat kesalahan dan meminta maaf dengan tiba-tiba, dengan mengucapkan, “aku menyesal kamu merasa seperti itu”. Anda mungkin berpikir bahwa dia seolah-olah tidak tulus. Malah merasa pasangan sedang melimpahkan kesalahan pada Anda dan beranggapan bahwa pasangan lelah dan bosan.

Padahal maksud yang sebenarnya adalah agar pertengkaran berakhir dan tidak merembet ke masalah yang lainnnya. Wanita biasanya suka mencampuradukkan masalah dalam sebuah pertengkaran. Sedangkan pria memiliki naluri melawan, apalagi bila ia tidak mengerti alasan para wanita marah.

Keluhan

Keluhan Anda ditanggapi acuh oleh pasangan? Jangan langsung berprasangka, sebenarnya pria cenderung memandang diri mereka sebagai pemecah masalah. Sehingga, apa yang dikatakannya mungkin merupakan sebuah solusi singkat.

Sebagai contoh, wanita mengeluhkan bahwa gaji tidak setimpal dengan pekerjaan yang dilakukan. Pasangan menimpali dengan ucapan singkat dan sederhana, “jika kamu merasa hal itu tidak adil, minta kenaikan gaji”. Perkataan ini menjadi berbeda arti di dalam diri wanita, “masalah kamu sederhana, selesaikan saja sendiri”

Wanita tidak merasa bahwa pasangan sedang memberikan solusi, melainkan sikap acuhnya. Padahal pasangan berpikiran bahwa dia sedang membantunya mencari solusi, meskipun solusi sederhana.

Percakapan

Wanita mungkin senang bercerita dan kadangkala menjadi berbelit-belit, padahal intinya sederhana. Sedangkan pria tidak memproses informasi yang panjang dan luas. Saat Anda memandangnya dan terlihat dia seperti bosan mendengar cerita Anda. Akan lebih baik bagi anda untuk langsung mempersingkat cerita dengan menyebutkan hal-hal pentingnya saja. Maka Anda akan memperoleh perhatiannya.

Penyelesaian Masalah

Kaum ‘Mars’ memang dilahirkan dengan sifat cuek terhadap masalah sepele. Wanita justru sebaliknya, mereka membutuhkan keyakinan agar hal sepele ini tidak mengganggu hubungan

Sebaiknya, jangan terlalu khawatir terhadap hal kecil. Justru ini bisa membuat masalah menjadi semakin rumit bahkan memunculkan masalah baru. Cara pandang yang berbeda ini yang membuat pria dan wanita sulit menemukan kesepakatan. Cobalah untuk melihat dari sisi masing-masing, jangan sibuk mempertahankan ego pribadi.

Sumber : Tipcaraterbaik/Viva.co.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muhammad fachri Nasution 23 September 2019 - 03:07:04

I spoken word

0 Answer

Alfian Febriyan Official 22 September 2019 - 23:51:09

perbedaan sco unix dan sun unix

0 Answer

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3