Pahami Ini Dulu Sebelum Putuskan Mengangkat Anak
Sumber: Sidomi.com

Marriage / 15 June 2015

Kalangan Sendiri

Pahami Ini Dulu Sebelum Putuskan Mengangkat Anak

Lori Official Writer
5826
<!-- endif]-->

Anda tentu tahu bahwa tiga dari enam anak dari Angelina Jolie dan Brad Pitt adalah anak angkat alias diadopsi dari berbagai negara, seperti Maddox (Kamboja), Pax (Vietnam) dan Zahara (Ethopia). Dengan modal keyakinan hati, Angelina Jolie memutuskan mengangkat ketiganya, dan bisa dilihat hingga kini mereka masih tetap di bawah asuhan pasangan ini.

Pasangan ini mungkin adalah satu dari sekian banyak pasangan yang mengambil langkah serupa, meski didukung oleh berbagai alasan dan faktor. Namun tahukah Anda bahwa proses mengangkat anak bukanlah perkara mudah, sebab seperti diucapkan oleh seorang pengacara hukum yang menangani perkara keluarga dan adopsi di Massachusetts, Lisa J Marino mengatakan bahwa, “Adopsi adalah komitmen seumur hidup dan tidak boleh dianggap enteng”.

Mengapa tidak, sebab saat memutuskan untuk mengadopsi atau mengangkat anak, tentunya orang tua mendasari langkah itu dengan kesadaran penuh bahwa mereka memiliki belas kasihan terhadap sang anak sehingga memilih untuk mengangkatnya sebagai anak dan akan memperlakukannya sama seperti anak kandung.

Sementara banyak orang yang juga berpikir bahwa dengan kehadiran anak angkat akan semakin mempererat hubungan dalam keluarga. Tak ada yang salah dengan alasan tersebut, namun akan lebih baik jika mengambil banyak waktu untuk kembali bertanya pada diri sendiri. “Apakah saya (kita) melakukan ini untuk alasan yang tepat?”. Sebab prediksi itu kadang kala tidak sesuai dengan kenyataan, karena bisa saja pasangan tidak komitmen cara asuh anak, sehingga mengabaikan kebutuhan anak yang semestinya.

Selain itu, calon orang tua angkat harus mengetahui bahwas  anak yang diadopsi secara sah lewat pengadilan akan memiliki hak dan kedudukan yang sama seperti anak kandung. Baik dalam perawatan dan pendidikan. Tak hanya itu, si anak angkat juga berhak menjadi hak waris untuk sepertiga harta kekayaan orang tua angkatnya.  

Anak angkat juga berhak mengetahui asal-usulnya, karena itu orang tua angkat wajib menjelaskan. Tak masalah jika sang anak memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang orang tua kandungnya. Akan selalu ada kemungkinan anak angkat akan kembali kepada orang tua kandung,meski hal itu sangat sedikit.

Selain itu,orang tua angkat tak perlu khawatir sebab orang tua kandung tak akan bisa mengambil kembali sang anak apabila anak benar-benar diadopsi secara hukum.  

Hal terpenting sebelum mengangkat Anak yang patut dipahami orang tua angkat adalah bagaimana orang tua memperlakukan anak sama seperti memperlakukan anak kandung. Benarkah Anda mengasihi anak angkat sama kadarnya seperti mengasihi anak kandung, tanpa memandang asal anak angkat. Ketika Anda sebagai orang tua angkat sudah memenuhi tanggung jawab tersebut, maka anak angkat Anda akan merasa dihargai, diterima dan dicintai sebagai keluarga.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Daily Devotional
  3. Nabi Palsu
  4. Khotbah Tentang Bersyukur
  5. Punya Tujuan Hidup Umur Lebih Panjang

Ikuti Kami