10 Tips Persiapkan Pernikahan Murah dan Nggak Bikin Ribet (Part 2)
Sumber: tembok-keju.blogspot.com

Single / 12 June 2015

Kalangan Sendiri

10 Tips Persiapkan Pernikahan Murah dan Nggak Bikin Ribet (Part 2)

Lori Official Writer
4656
Mempersiapkan sebuah acara pernikahan memang sesuatu yang paling merepotkan dan menghabiskan banyak biaya. Untuk itu, Anda perlu bijaksana dalam memilah dan memotong sejumlah pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu esensi.
<!--[endif]-->

Berikut tips yang dapat Anda terapkan untuk mempersiapkan kebutuhan pernikahan yang murah dan nggak bikin ribet.

6. Hidangkan makanan secukupnya

Satu tahun setelah hari pernikahan Anda, tak ada satu pun dari tamu yang mengingat tentang undangan, bunga, dan hidangan pernikahan Anda selain Anda sendiri. Jadi mengapa harus menghabiskan banyak biaya untuk itu? Banyak orang hanya akan mengingat tentang acara pernikahan itu. Mereka mungkin tak ingat persis dengan apa yang mereka makan, tetapi apa yang mereka nikmati. Jadi tak perlu menjadikan hidangan pernikahan menjadi prioritas utama dalam pernikahan Anda. Namun tetaplah menyajikan hidangan yang tetap memuaskan tamu sesuai yang Anda mampu lakukan.

7. Tak perlu kue pernikahan berukuran besar

Selalu ada sesi dimana pengantin akan memotong sebuah kue berukuran besar sebagai perayaan kebahagiaan bersama-sama dengan tamu yang hadir. Akan tetapi, bagi saya ini tidak cukup esensial kecuali bagi mereka yang memiliki cukup biaya untuk itu. Namun bagi Anda yang perlu menghemat biaya pengeluaran, bisa memotong anggaran kue pernikahan dan beralih untuk memilih jenis kue yang berukuran lebih kecil saja, seperti cupcake atau es krim. Jika perlu belilah kue yang sudah siap disantap, tanpa perlu harus memotongnya satu per satu untuk para tamu. Bagi Anda yang sudah pernah menghadiri pesta pernikahan tentu tahu bagaimana kue pernikahan itu banyak tersisa dan kemudian harus dibuang. Sayang bukan?

8  Souvenir pernikahan

Masalah dalam hal ini, bukan hanya soal waktu untuk mencari souvenir yang tepat bagi para tamu undangan, tapi juga masalah dana. Sebab Anda butuh souvenir dalam jumlah besar, sehingga memerlukan jenis souvenir yang unik, lucu dan tentunya lebih murah. Nah, untuk menghemat pengeluaran, carilah barang atau benda unik baik melalui online yang menyediakan promo besar-besaran. Atau memanfaatkan rekan dekat yang memiliki usaha beragam accessories, paling tidak Anda bisa meminta potongan harga.          

9. Minta rekan untuk mengisi acara hiburan

Untuk hal yang satu ini, Anda juga bisa mengakalinya dengan meminta rekan kerja atau teman untuk mengisi bagian sebagai pengisi acara, baik MC dan band untuk hiburan di pernikahan Anda. Tak sedikit dari rekan penulis yang juga melakukan hal serupa. Daripada Anda harus membayar mahal untuk hal ini dari orang lain, lebih baik memanfaatkan orang-orang berbakat di sekitar Anda. Meskipun setelah itu, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit dana sebagai ucapan terima kasih kepada mereka.

Jika Anda kesulitan mendapatkan rekan untuk mengisi acara ini, maka akan sangat mudah bila Anda hanya menggunakan penyetel music saja. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menyewa speaker dan mencari lagu-lagu yang sesuai dengan acara pernikahan. Lebih simple bukan?

10 . Hindari jasa bridal dan iklan televisi

Daripada memakai jasa bridal untuk penyewaan pakaian dengan harga yang cukup malah, lebih baik membeli dan memodifikasi gaun atau pakaian pengantin Anda (seperti poin 2 di artikel sebelumnya). Jika Anda bukanlah seorang public figure atau keluarga pejabat, maka tak perlu mempublikasikan iklan pernikahan di televisi atau media tertentu. Selain menghabiskan biaya, Anda pun belum tentu puas dengan pelayanan yang disediakan bukan?

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami