10 Tips Siapkan Pernikahan Murah dan Nggak Bikin Ribet (Part 1)
Sumber: tembok-keju.blogspot.com

Single / 9 June 2015

Kalangan Sendiri

10 Tips Siapkan Pernikahan Murah dan Nggak Bikin Ribet (Part 1)

Lori Official Writer
4881
Menjadi sebuah kebanggaan bila sebuah pernikahan dirayakan dengan meriah, besar dan glamor. Selain itu, pernikahan juga menjadi hari yang istimewa dan hanya terjadi sekali seumur hidup. Jadi wajar bagi Anda jika merayakannya dengan penuh antusias dan kemegahan. Namun, pernikahan demikian tentu akan sangat mahal, dan untuk membiayainya seluruh tabungan pun harus terkuras habis. Belum lagi saat harus ikut campur dalam mempersiapkan segala sesuatunya, bisa-bisa calon pengantin akan terserang stress.

Tak seorang pun yang menghendaki pernikahan yang dipenuhi dengan tekanan dan stress bukan? Nah, untuk mempersiapkan pernikahan menjadi lebih murah dan nggak ribet Anda patut mengikuti 10 tips ini.

1. Pernikahan kecil namun menarik

Merencanakan pernikahan dengan gaya modern tentu akan jauh lebih ribet dan membutuhkan banyak hal. Sehingga akan jauh lebih mudah dan murah ketika pernikahan dibuat secara sederhana saja. Namun tak perlu takut sebab Anda bisa merangkai acara pernikahan itu dengan menarik tanpa terlalu banyak kebutuhan yang sebenarnya tak begitu penting. Gedung, barisan meja yang ditata rapi, ruang untuk berdansa, setelan musik dan berbagai menu makanan dan minuman serta dekorasi yang anggun akan jauh lebih murah dan simple.

2. Modifikasi gaun pengantin

Daripada menghamburkan uang hanya untuk gaun sekali pakai yang begitu mahal, akan lebih bermanfaat bukan bila digunakan untuk memenuhi seluruh perabotan rumah baru Anda? Biaya gaun pengantin bisa diminimalisir jika Anda benar-benar tahu caranya. Salah satunya dengan membeli gaun dengan harga yang relatif murah lalu memodifikasinya menjadi gaun yang sesuai dengan karakter Anda.

3. Minimalisir biaya dekorasi

Banyak pasangan yang menyisihkan anggaran untuk dekorasi saja, misalnya untuk karangan bunga meja. Padahal Anda bisa saja memesannya sendiri secara online dengan harga yang relatif murah atau ketika membelinya di took bunga, jangan beritahu jika Anda membelinya untuk pernikahan. Tak perlu jasa ahli dekorasi ruang untuk itu, Anda bisa mengatur sendiri karangan bunga dan mencari model bunga meja unik yang cukup ekonomis, seperti vas bunga, botol, dan pita.

4. Undangan lewat email  

Mengirim undangan pernikahan lewat email atau media sosial akan sangat menghemat waktu dan biaya Anda. Sebagian calon pengantin melakukan hal ini karena sangat mudah dilakukan dan tidak merepotkan jika dibanding dengan mencetak undangan kertas. Namun jika pasangan atau keluarga kurang setuju, Anda bisa saja memilah berapa banyak yang akan mendapat undangan kertas dan undangan melalui email.

5. Menggelar pernikahan di satu gedung saja

Baik dari segi biaya maupun tamu akan jauh lebih menyukai bila pernikahan digelar di satu gedung saja. Selain lebih murah, para tamu akan mudah menghadiri upacara pernikahan dan kemudian menikmati hidangan makan siang atau malam yang telah disediakan. Ada banyak gedung atau tempat yang menyediakan kedua hal ini. Namun jika Anda memang dituntut untuk diberkati di gereja Anda, maka alternatifnya adalah dengan memilih gedung yang dekat dengan lokasi gereja. Sehingga tamu tak perlu repot untuk beralih ke lokasi lain yang sulit dijangkau.

Sumber : Lifehack.org/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami