Gereja di Inggris Terlibat dalam 1.885 Kasus Pelecehan?

Gereja di Inggris Terlibat dalam 1.885 Kasus Pelecehan?

Theresia Karo Karo Official Writer
3514
Berita mengejutkan datang dari Gereja Methodist di Inggris. Pada hari Kamis (28/5), pihak gereja mengungkapkan keterlibatannya dalam kasus pelecehan fisik dan seksual, yang terjadi lebih dari 50 tahun silam.

Terungkap bahwa, terdapat hampir 2.000 laporan yang melibatkan institusi tersebut. Pengakuan ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Konferensi Methodist, Martyn Atkins. “Kami minta maaf karena gagal melindungi korban,” tuturnya.

Dirinya mengatakan bahwa penyalahgunaan oleh pihak gereja terhadap anak-anak, remaja, dan orang dewasa akan tetap menjadi sumber kesedihan dan rasa malu gereja. Meskipun begitu, dirinya berharap agar peristiwa ini bisa menjadi pembelajaran yang berguna di masa depan. 

“Dalam hal yang kami miliki ini, sebagai gereja Kristen, jelas kami gagal untuk hidup dengan jalan memuliakan Tuhan dan menghormati Kristus,” lanjutnya.

Dengan menyertakan laporan kasus, pihaknya ingin jujur dan terbuka mengenai hal buruk yang terjadi di masa lalu. Laporan setebal 100 halaman yang diterbitkan pada hari yang sama (28/5), didalamnya tercatat sekitar 1.885 kasus pelecehan seksual, fisik, emosional, serta domestik yang berlangsung pada tahun 1950. 

Pengurus gereja atau karyawan teridentifikasi sebagai pelaku dari sekitar 26 persen kasus pelecehan. Perlu diketahui bahwa Gereja Methodist di Inggris beranggotakan 200 ribu jemaat, dengan mayoritas Anglikan dan diikuti dengan Protestan.

Sumber : Tempo/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami