Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
2875


Anda mungkin salah satu yang sudah terlanjur mempercayai sejumlah mitos tentang penyakit kanker. Padahal banyak diantaranya keliru dan mengubah paradigma Anda soal kanker menjadi lebih mengerikan. Untuk itu, penting sekali untuk megetahui fakta di balik mitos-mitos tersebut , seperti akan diuraikan di bawah ini:

Mitos 6: Sesekali merokok tak akan menyebabkan kanker

Risiko kanker mungkin akan jauh lebih tinggi bagi pecandu rokok. Akan tetapi merokok sesekali pun bukan berarti terhindar dari risiko kanker.

Faktanya: Sebuah penelitian menemukan, seseorang yang hanya menghabiskan empat batang rokok per hari justru berisiko mengalami kematian 50% lebih tinggi dibanding mereka yang tidak merokok sama sekali. Artinya, meskipun merokok hanya sekali dalam sepekan dan ditambah dengan mengkonsumsi alkohol tetap saja mempengaruhi kondisi kesehatan. Sebab perpaduan rokok dan alkohol akan membuat organ tubuh mengalami kerusakan dan memudahkan tumbuhnya sel kanker.

Mitos 7: Pewarna rambut sebabkan kanker otak

Banyak informasi yang beredar mengatakan bahwa pewarna rambut bisa menyebabkan kanker otak. Dan saatnya untuk tidak mempercayai hal itu.

Faktanya : The International Agency for Research on Cancer (IARC) menyebutkan, meskipun ada risiko paparan zat karsinogenik di tempat kerja, tetapi pewarna rambut tidak menimbulkan risiko kanker.

Mitos 8: Kanker bisa menular

Kanker bukanlah penyakit menular, jadi Anda tak perlu khawatir.

Faktanya: Orang yang kondisi badan yang sehat tidak akan tertular kanker melalui kontak fisik atau menghirup udara yang sama. Hal ini hanya bisa terjadi jika Anda melakukan transplantasi organ dari penderita kanker. Bahkan penularan kanker dari ibu hamil kepada bayinya melalui plasenta pun sangat kecil kemungkinan.  

Mitos 9 : Tabir surya cegah serangan kanker kulit

Tabir surya memang bisa cegah kanker kulit, tetapi penggunaannya tak bisa menjamin Anda terhindar dari risiko kanker.

Faktanya Sebuah studi mengusulkan bahwa penggunaan tabir surya hanya melindungi untuk satu jenis kanker saja. Namun Anda bisa mencegah paparan radiasi matahari dengan penggunaan peneduh dan pakaian yang aman.    

Mitos 10. Kanker tidak memiliki tanda atau gejala

Banyak orang menganggap kanker adalah penyakit abstrak karena tidak memiliki tanda atau gejala.

Faktanya Hampir semua kanker memiliki tanda dan gejala awal yang khas yang bisa diketahui oleh penderitanya dengan melakukan deteksi dini. Sifatnya yang memiliki perjalanan penyakit yang panjang membuat penderita harus tanggap sejak dini. Salah satu ciri yang ditimbulkan adalah adanya gangguan pada organ tertentu yang tak biasanya dialami penderita. Pertumbuhan kanker bersifat cepat dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita.

Jika Anda ingin lebih mengetahui fakta-fakta lain seputar kanker, segera berkonsultasi dengan dokter ahli kanker yang Anda percayai. Hal terpenting yang patut Anda ketahui adalah Anda memiliki andil akan tubuh Anda sendiri agar terhindar dari serangan kanker dengan kunci mengatur pola hidup sehat sejak dini. Sayangi tubuh Anda, sayangi hidup Anda!

Sumber : Kompas.com/Femina.co.id/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Itin N 21 February 2020 - 02:41:08

Cara berhenti dari kecanduan judi

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer

Bbyfox fox 15 February 2020 - 22:48:11

Arti kata logos

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (2)