Dikritik, Polandia Siap Sambut 60 Keluarga Kristen Suriah

Dikritik, Polandia Siap Sambut 60 Keluarga Kristen Suriah

Theresia Karo Karo Official Writer
4155
Secara resmi Polandia mengumumkan akan menerima 60 keluarga Kristen Suriah. Seperti yang diketahui, konflik di Suriah telah menyebabkan banyak keluarga Kristen melarikan diri akibat kekejaman kelompok militan. Hal ini disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Ewa Kopacz dalam konferensi pers yang berlangsung di Warsawa, (26/5).

“Kami akan menyambut 60 keluarga kristen untuk memulai kehidupannya kembali di sini. Hari ini orang-orang Kristen yang dianiaya secara biadab di Suriah layak dibantu negara Kristen seperti Polandia dengan bertindak cepat untuk membantu mereka,” ungkap PM Kopacz.

Sebelumnya, pemerintahan Polandia sempat mendapat kritik dari Andrzej Duda. Pemenang pemilihan presiden Polandia selama akhir pekan ini mengungkapkan bahwa dalam menawarkan bantuan untuk pengungsi Suriah, pemerintah dianggap terlalu lamban.

Pasalnya, selama berbulan-bulan NGO yang fokus pada hubungan Polandia-Suriah telah meminta izin untuk membawa keluarga Kristen dari Suriah. Selain itu, LSM Estera juga mengajukan permohonan yang sama, untuk mengizinkan 1.500 orang Kristen Suriah bermukim di Polandia. Bahkan LSM ini juga siap menjamin biaya hidup para pengungsi dengan dana yang terkumpul dari amal, bisnis, dan gereja.

Selain Polandia, banyak anggota Uni Eropa yang juga menentang rencana blok kuota pencari suaka mengikat. Meskipun begitu atas dasar sukarela, pihaknya tetap terbuka untuk membantu para pengungsi dan migran dengan syarat jumlah yang berada di bawah 100. Dilansir dari Amnesty International, beberapa negara yang menerima 3,8 juta pengungsi dari Suriah, antara lain, Irak, Lebanon, Mesir, Turki, dan Yordania. (Photo: Agence France-Presse/Getty Images)


Sumber : Tempo/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami