6 Alasan Ahok Turunkan Pangkat 57 PNS Ibu Kota
Sumber: jawaban.com

Nasional / 18 May 2015

Kalangan Sendiri

6 Alasan Ahok Turunkan Pangkat 57 PNS Ibu Kota

Lori Official Writer
5730
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengumumkan penurunan pangkat atau demosi terhadap 57 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditempatkan di 10 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berbeda-beda. Ini merupakan hasil dari evaluasi kerja terhadap seluruh jajaran PNS di ibu kota. Tak hanya demosi, tetapi ada juga yang mendapat mutasi, rotasi dan promosi.

Seperti dikutip dari Cnn Indonesia, terdapat 6 alasan dibalik penurunan jabatan PNS ibu kota, yaitu:

Pertama, sejumlah pejabat eselon III dan IV mengajukan pengunduran diri karena alasan personal. Sehingga memaksa pejabat pemerintah eselon II untuk mencari pengganti dengan mempromosikan dan merekomendasi pegawai yang memiliki kapasitas untuk mengisi posisi tersebut.

Kedua, sejumlah pejabat mengalami sakit tertentu yang dideritanya sehingga tak lagi dapat bekerja secara maksimal. Sehingga memaksa pemerintah DKI Jakarta menggantikan posisi yang bersangkutan.

Ketiga, PNS yang mengalami masalah moral seperti suka melakukan kekerasan dalam rumah tangga juga turut menjadi poin penilaian penting.

Keempat, adanya dugaan permainan uang yang dilakukan oleh pejabat eselon III dan IV.  Berdasarkan hasil temuan pemeriksaan Badan Inspektorat DKI Jakarta, mereka terbukti terlibat dalam kasus sogok, pungutan liar dan penyuapan.

Kelima, sejumlah pejabat juga ditemukan suka bolos, jarang masuk dan tidak disiplin selama menjalankan tugasnya. Hal ini diketahui dari staf yang melaporkan hal itu langsung kepada Ahok. “Staf di bawah juga ada yang lapor sama saya. Kata dia, ‘Banyak atasan saya ngetik pun enggak bisa, Pak. Kerjaannya cuma gosok-gosok batu akik’, tapi bisa dapat uang segitu,” ucap Ahok.

Keenam, sejumlah PNS didemosi lantaran hasil penilaian terkait aktivitas dalam SKPD yang dinaunginya. Mereka ditemukan jarang hadir dalam kegiatan rutin SKPD.

Untuk diketahui, demosi ini disampaikan Ahok saat melantik 649 pejabat PNS DKI Jakarta eselon III dan IV pada Senin (18/5). Pelantikan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ibu kota. Mereka yang dilantik merupakan hasil dari saran dan rekomendasi dari eselon II yang dinilai mampu mewujudkan tujuan DKI Jakarta untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Bagi para pejabat yang baru saja dilantik, Ahok berpesan agar mereka bisa bekerja maksimal dan menghasilkan kinerja yang baik.  “Target saya sebelum saya keluar dari Balai Kota yaitu sebuah budaya baru sudah terbentuk di Jakarta. Jadi kita harap yang lebih tua harus berpikir ini ibadah, yang lebih muda berpikir ini karier ke depan naik,” tandas Ahok.

Sumber : Cnn Indonesia/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami