Boko Haram Habisi 5000 umat Katolik di Nigeria

Internasional / 15 May 2015

Kalangan Sendiri

Boko Haram Habisi 5000 umat Katolik di Nigeria

daniel.tanamal Official Writer
3876
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Lebih dari 5000 umat Katolik di sebuah daerah di Nigeria tewas terbunuh oleh aksi gerombolan teroris Boko Haram. Tragedi tersebut terjadi di sebuah keuskupan Katolik di Maiduguri, kota dimana 85 persen wilayahnya dikendalikan oleh Boko Haram sejak 2009 lalu.

Laporan yang dikumpulkan oleh Aid to teh Church in Need (ACN) tersebut memperlihatkan data bahwa sedikitnya 100.000 umat Katolik di daerah itu telah mengungsi dan lebih dari 350 gereja telah diserang. Selain itu ada 7000 perempuan yang telah menadi janda dan hampir dari 10.000 anak menjadi yatim piatu atas kekerasan yang telah terjadi dan menyebar ke negara tetangga yaitu Chad, Kamerun dan Niger.

“Orang-orang sangat takut dan mereka yang bisa kembali ke kampung halamannya telah melihat bahwa tidak ada lagi yang tersisa (harta dan barang-barang kemungkinan telah dijarah teroris). Mereka saat ini hidup dalam suasana yang penuh ketakutan,” ujar Father Gideon Obasogie, direktur komunikasi sosial keuskupan setempat.

Namun Obasogie menyatakan bahwa kejadian ini justru membuat iman percaya mereka terus dikuatkan dan tetap berpegag penuh oleh mukjizat Tuhan. “Tuhan selalu di pihak kita. Dia telah melihat keadaan kita baik kecil maupun besar. Iman kita telah dimurnikan melalui penganiayaan ini,” tambahnya.

Situasi keamanan nasional di Nigeria terus dipertanyakan terustama setelah pemilihan presiden Nigeria yang sudah usai Maret lalu. Seluruh masyarakat telah menunggu dan menagih janji dari presiden terpilih Muhammadu Buhari yang menyatakan akan segera mengatasi masalah yang terus berlangsung tanpa terhentikan ini.



Sumber : Christian Post
Halaman :
1

Ikuti Kami