4 Kunci Sukses Bisnis Katering Putra Presiden
Sumber: Chilliparicatering.com

Entrepreneurship / 11 May 2015

Kalangan Sendiri

4 Kunci Sukses Bisnis Katering Putra Presiden

Lori Official Writer
7798
Bisnis katering memang masih dipandang sebelah mata. Namun tidak dengan Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memilih untuk menggeluti bisnis katering setelah menyelesaikan studi Magisternya dari University of Technology Insearch, Sydney, Australia.

Bisnis katering Gibran yang diberi nama Chili Pari ini, kini telah mendulang sukses sejak dibangun tahun 2010 silam. Satu tahun setelah berdiri, Gibran sudah menikmati manisnya hasil kerja kerasnya.

Lalu apa kunci sukses bisnis yang dijalankan putra sulung Jokowi ini? Yuk, simak 4 poin berikut :

1. Modal terbatas bukan soal

Berbekal sebuah proposal usaha di usia 22 tahun, Gibran harus merasakan pahitnya penolakan pinjaman dari sejumlah bank. Ia lalu dibantu oleh sebuah bank yang memberikannya pinjaman meski di bawah dari angka yang diajukan Gibran. Keterbatasan modal ini, tak menghentikan langkah Gibran membangun Chili Pari.

2. Menyuguhkan inovasi terbaru

Meski dikenal sebagai putra dari orang salah satu pejabat penting, bisnis katering Gibran pada awalnya tetap saja penuh tantangan. Namun dengan kreatif, Gibran menyuguhkan inovasi yang selalu baru dalam sajiannya. Keunikan bisnis katering ini terletak pada menu-menunya yang inovatif. Makana-makanan yang serba baru, meski masih mempertahankan ciri khas Solo dalam penyajian makanannya seperti penyajian ala ‘piring terbang’. Inilah upayanya untuk memahami karakter konsumen lokal yang kurang suka dengan sistem buffet atau presmanan.

3. Mengatur kecepatan penyajian

Kunci bisnis di Solo dengan budaya piring terbang adalah kecepatan. Oleh karena itu, ia pun berusaha memperlengkapi karyawan untuk melayani tamu dengan baik. Untuk menyiasati keterlambatan penyajian makanan, Gibran pun harus bekerja sama dengan panitia penyelenggara acara. Ia akan segera berkoordinasi dengan panitia dan mendesak mereka untuk segera mengeluarkan makanan. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka tamu biasanya langsung pulang dan akibatnya desert yang ketinggalan akan menjadi beban/tanggungan penyedia katering.

4. Promosi secara langsung kepada masyarakat

Gibran mengakui, di awal pembangunan Chili Pari ia harus mempromosikan brosur sendiri secara langsung kepada masyarakat.

Hingga kini, restoran Chili Pari milik Gibran sudah melayani katering untuk berbagai acara baik nasional maupun internasional.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami