Selain Cegah Kanker, Ini Manfaat Lain Buah Nanas

Selain Cegah Kanker, Ini Manfaat Lain Buah Nanas

Lori Official Writer
6084
Buah Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay. Buah yang memiliki aroma khas perpaduan manis dan asam ini sangat menyegarkan dan juga menjadi salah satu sumber vitamin C. Secangkir air nanas bahkan mengandung sekitar 82 kalori, 131 persen vitamin C, 2 persen Vitamin A dan 2 persen kalsium dan zat besi.

Nanas segar diketahui telah menjadi sumber enzim bromelain yang digunakan untuk pengubatan beragam kondisi kesehatan, seperti nyeri sendi, peradangan, pemulihan operasi plastik hingga pencegahan kanker.

Tak hanya sumber penyembuhan bagi penyakit-penyakit di atas, akan tetapi buah nanas juga bisa dimanfaatkan untuk 3 hal berikut :

1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam nanas mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mengurangi kulit keriput serta memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Untuk manfaat yang satu ini, Anda hanya perlu makan nanas yang masih segar atau mengolesi buah nanas yang diparut ke permukaan kulit. Vitamin C-nya juga berperan untuk membantu pembentukan kolagen atau sistem pelindung kulit.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam buah nanas membantu mencegah sembelit. Selain itu, kandungan bromelain dan Vitamin Cnya berfungsi sebagai tonik dan meredakan gangguan pencernaan; membantu sistem pencernaan memecah makanan dan menyerap protein.

3. Menyembuhkan pilek dan batuk

Beberapa studi menemukan bahwa enzim bromelain yang ada dalam nanas dapat mengurangi gejala pilek dan batuk. Selain itu, bromelain juga bisa mengobati dan mengurangi peradangan, seperti keseleo, strain dan cedera otot ringan. Saat tenggorokan meradang, nanas bisa membantu mengeluarkan lendir yang menganggu jalur pernafasan.

Sumber : Medicalnewstoday.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami