7 Tips Wisata Bagi Anda yang Hendak Mengitari Keindahan Jayapura
Sumber: Wordpress.com

Travel / 8 May 2015

Kalangan Sendiri

7 Tips Wisata Bagi Anda yang Hendak Mengitari Keindahan Jayapura

Lori Official Writer
5149
<!-- endif]-->

Dibandingkan dengan destinasi wisata lain di Indonesia, Jayapura, Papua tergolong destinasi impian yang sangat diidam-idamkan para pejalan. Bagi saya sendiri, sebagai pecinta wisata, Jayapura adalah tempat paling istimewa yang sepatutnya dijelajahi. Namun kendalanya tetap saja soal biaya yang pastinya jauh lebih mahal, salah satunya disebabkan oleh jarak yang relatif jauh.

Artikel ini akan menyuguhkan kepada Anda tentang apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan mimpi mengitari keindahan Jayapura.

1. Booking tiket online jauh hari sebelumnya

Tersedianya situs penyedia tiket online sangat membantu Anda berburu tiket murah. Tersedia banyak pilihan jadwal yang bisa connect dengan waktu yang tidak terlalu mepet atau tanpa takut ketinggalan pesawat. Perhatikan keterangan transit jika menemukannya. Jangan mencari jeda transit yang terlalu mepet (kurang dari 2 jam), perhitungkan untuk mengambil bagasi dari airlines yang berlainan. Perhitungkan juga ketentuan check in satu jam sebelumnya serta jarak tempuh dari terminal kedatangan menuju ke terminal keberangkatan.

Jika Anda terbang disarankan untuk selalu memeriksa rincian penerbangan dengan maskapai penerbangan Anda. Penerbangan di Bandara Sentani terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Jayapura. Di luar bandara, minibus menunggu penumpang untuk pergi ke Jayapura (check informasi lengkap di sini).

2 Penukaran uang dan surat keamanan

Banyak pengunjung datang ke Jayapura untuk mendapatkan izin perjalanan mereka dari kantor polisi. Surat Jalan ini akan selesai hanya dalam setengah jam saja. Sedang untuk kebutuhan penukaran uang, pengunjung bisa melakukannya di Expor-Impor Bank di Jalan Ahmad Yani. Jika Anda berencana bepergian dengan jarak yang cukup jauh, ingatlah untuk menyediakan uang rupiah.

3. Akomodasi selama liburan

Tak sulit menemukan penginapan di Jayapura. Mulai dari kelas Melati, Wisma, hotel bintang tiga sampai lima.  Pilih saja hotel yang berada di pusat kota Jayapura. Hotel Matoa dan Yasmin, misalnya, yang membutuhkan badget menengah. Sedang budget lebih bisa memilih Hotel berbintang seperti Aston, Swissbell dan Horison. Kisaran harga yang paling murah dimulai dari Rp.100.00 hingga jutaan.

4. Berkeliling kota di sekitaran Jayapura

Kota ini ukurannya tak terlalu luas, sehingag Anda bisa mengunjungi berbagai tempat dengan mudah hanya dengan berjalan kaki saja. Tetapi kalau Anda berencana untuk mengunjungi pantai dan wisata lainnya, akan lebih baik jika menggunakan transportasi umum. Hanya ada sat terminal angkutan umum, terletak di sebelah kantor pos. Angkot minibus yang nyaman dan cukup ekonomis. Minibus sewaan juga bisa jadi pilihan, tetapi akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

5. Belanja meriah di pasar Jayapura

Pusat perbelajaaan di Kota Jayapura sangat banyak. Mulai dari mal yang menjual barang elektronik, supermarket sampai mal yang menjual aneka busana. Terdapat Pasar Hamadi, aneka souvenir khas Papua seperti koteka, lukisan kulit kayu, dan noken. Ada pula toko Batik yang menjual aneka kain Batik Papua dan distro yang menjual kaos-kaos bertuliskan ‘Papua’.

6. Minum Pil Kina

Pelancong dari Jakarta umumnya akan meminum pil Kina sebelum melakukan perjalanan ke pedalaman Papua. Pil ini berfungsi untuk mencegah serangan penyakit malaria yang marak terjadi di Jayapura. Atau bila tak yakin, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan pilihan pil yang paling cocok untuk di minum. Saran lainnya adalah dengan menjaga stamina tubuh dengan meminum susu dan mengkonsumsi vitamin setiap hari.

7 Jangan bepergian seorang diri  

Beberapa orang sering mempertanyakan tingkat keamanan wisatawan di Kota Jayapura. Meski relative aman, namun Anda disarankan untuk tidak bepergian seorang diri, terutama jalan-jalan hingga larut malam. Pastikan pula Anda untuk menggunakan fasilitas pariwisata yang terpercaya dengan mencari rekomendasi dari rekan atau teman yang sudah pernah ke sana.

Bagi Anda yang berencana ke Kota Jayapura, pastikan merencanakan wisata jauh hari sebelumnya. Hal ini penting untuk meminimalisir hal-hal yang tak terduga terjadi secara tiba-tiba, termasuk pengetahuan Anda soal budaya, cara hidup dan bahasa masyarakat setempat serta perilaku baik yang perlu Anda tampilkan di sana.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Tema Paskah 2024
  3. Daily Devotional
  4. Ayat Alkitab
  5. Kisah Nyata

Related Articles

Ikuti Kami