Fakta Mengerikan Akibat Duduk Terlalu Lama
Sumber: Health.peksongws.com

Fit & Charming / 7 May 2015

Kalangan Sendiri

Fakta Mengerikan Akibat Duduk Terlalu Lama

Lori Official Writer
7982
Para pekerja kantoran dengan rutinitas kerja yang setiap harinya duduk sembari memandangi layar komputer selama seharian penuh, patut menyadari bahwa hal itu berakibat buruk bagi kesehatan.

Sebuah studi yang baru saja dipresentasikan di pertemuan Asosiasi Riset Kanker Amerika di Philadephia, mempublikasikan fakta mengerikan di balik akibat terlalu lama duduk selama bekerja. Salah satunya, risiko peningkatan kanker payudara dan kanker rahim (endometrium) pada wanita. Hasil studi dari Swedia ini didapatkan setelah melakukan analisa terhadap lebih dari 29.000 wanita berusia 25 – 64 tahun ke atas yang dinyatakan bersih dari penyakit kanker.

Penelitian yang dilakukan selama 25 tahun ini, dibagi dalam tiga kelompok, yakni pekerja tetap di kantor dan tidak pernah melakukan olahraga, pekerja tetap dan meluangkan waktu berolahraga seperti lari dan bisbol, serta pekerja yang selalu aktif secara fisik dan meluangkan waktu berolahraga.

Hasilnya, wanita yang tidak aktif bergerak dalam pekerjaan atau waktu senggang mereka memiliki risiko lebih tinggi 2.4 kali terdiagnosa kanker rahim dan kanker payudara sebelum menopause, dibanding dengan mereka yang aktif bergerak saat bekerja dan menikmati waktu luang.

Peneliti setuju bahwa intensitas bergerak sangat berkaitan dengan risiko kanker. Sebuah studi di tahun 2014, menemukan bahwa setiap kenaikan dua jam duduk per hari 10 persen lebih besar menyebabkan risiko terserang kanker endometrium dan 8 persen risiko terserang kanker usus besar. Di Amerika, contohnya, setiap tahunnya sebanyak 49.000 wanita Amerika yang kurang bergerak tercatat mengalami kanker payudara.  

Selain itu, para peneliti mengungkap bahwa menyisihkan waktu istirahat dengan melakukan pergerakan kecil akan membantu mengurangi tingkat molekul dalam darah yang dikenal sebagai penyebab kanker.

Untuk itu, penulis studi dan ahli terapi fisik Universitas Lund, Swedia, Anna Johnsson sangat menganjurkan agar para pekerja kantoran sebaiknya melakukan pergerakan sederhana sepanjang hari untuk mencegah risiko mengerikan dari bahaya kanker yang terus mengintai. Misalnya, berhenti sejenak untuk membuat kopi atau berjalan-jalan di sekitaran kantor.

Sumber : Health.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami