3 Cara Sederhana Membangun Kepercayaan Dalam Dunia Kerja

Career / 5 May 2015

Kalangan Sendiri

3 Cara Sederhana Membangun Kepercayaan Dalam Dunia Kerja

Puji Astuti Official Writer
16628

Tahukah Anda bahwa seperempat dari karyawan tidak percaya terhadap pihak pemberi kerja. Hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh American Psychological Association di tahun 2014 terhadap 1562 karyawan di Amerika. Yang lebih mengejutkan, hanya setengah dari karyawan tersebut yang percaya bahwa perusahaan terbuka dan transparan terhadap karyawannya.

Rasa kurang percaya ini pada akhirnya mempengaruhi hubungan antara pemimpin dan karyawannya. Para karyawan yang mengerti tujuan dan target perusahaan lebih percaya kepada pemberi kerjanya. Lalu bagaimana bisa membangun budaya yang transparan dan saling percaya di tempat kerja? Berikut adalah alasannya :

1. Hubungan yang lebih baik

Kebanyakan karyawan bukan berhenti kerja karena pekerjaannya, namun karena bos mereka. Fakta ini di dapat oleh survei yang dilakukan oleh Career Builder di tahun 2014, dimana 37 persen dari 3008 karyawan memilih mengundurkan diri karena tidak tahan dengan atasannya. Ketika bicara hubungan yang baik, maka rasa saling percaya memiliki peran penting. Untuk itu, jika sebuah hubungan bergantung pada Anda, mulailah membangun jembatannya. Jangan menunggu atasan Anda, mulailah bangun komunikasi dengannya dan ungkapkan keinginan Anda untuk memperkuat hubungan komunikasi baik dengan sesama maupun atasan Anda. Demikian juga sebaliknya jika Anda adalah seorang atasan, akan lebih mudah membangun komunikasi dari atas ke bawah. Lakukanlah dengan penuh kerendahan hati dan juga empati.

2. Keselarasan

Karyawan yang memahami perannya dalam keberhasilan perusahaan dan mengerti apa yang diinginkan perusahaan akan membangun keselarasan baik dalam hubungan dengan atasan maupun dengan klien. Untuk itu perlu transparansi tentang pencapaian dan topik-topik strategis antara pihak manajemen dan karyawan.

Jika Anda merasa bahwa visi Anda jauh berbeda dengan apa yang menjadi visi perusahaan dimana Anda saat ini bekerja, hal ini perlu menjadi pertimbangan penting. Karena kepuasan Anda saat bekerja juga dipengaruhi oleh hal ini.

3. Membangun rasa memiliki

Rasa memiliki terhadap apa yang dikerjakan bukan hanya membangun rasa percaya, namun juga akan meningkatkan produktivitas. Rasa memiliki membuka pintu kepada penerimaan, rasa diterima adalah salah satu kebutuhan manusia yang utama selain makanan dan minuman secara fisik.

Membangun rasa memiliki tidak cukup hanya dengan kata-kata, namun butuh tindakan dan juga latihan secara terus menerus. Bentuk praktis agar seseorang merasa diterima salah satunya adalah keterbukaan terhadap ide orang lain. Mungkin saja Anda bisa beda pendapat, namun dengan memberi kesempatan untuk menyampaikan idenya menjadi salah satu ungkapan bahwa dia diterima ditempat kerja tersebut.

Rasa percaya sangat penting dalam hubungan apapun, baik dalam rumah tangga, persahabatan, antara klien dan pengusaha dan juga di dalam perusahaan sendiri. Untuk itu, membangun dan menjaga rasa percaya harus menjadi inisiatif setiap pribadi, baik karyawan maupun pihak manajemen.

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami