Anda Pecinta Warna Hijau? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan
Sumber: Flickr.com

Health / 4 May 2015

Kalangan Sendiri

Anda Pecinta Warna Hijau? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Lori Official Writer
4248
Kapan terakhir kali Anda berjalan-jalan menyusuri jalanan yang dikelilingi pepohonan  atau hamparan pegunungan hijau? Udara yang berhembus dari sejumlah pepohonan hijau akan menimbulkan kesejukan tersendiri bagi pikiran dan tubuh. Dalam hal ini hijau identik dengan warna yang mampu mengusir stress. Bila dihubungkan dengan kehidupan, hijau diidentikkan dengan musim semi dan kehidupan baru. Tak hanya itu saja, untuk urusan makanan, warna hijau identik dengan sayur-sayuran dan buah-buahan yang menjadi sumber makanan organik yang baik bagi kesehatan, misalnya teh hijau, apel hijau, brokoli, dan sebagainya.

Sebuah studi baru dari Imperial College London yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Biology and Evolution telah memeriksa urutan genetik dari 200 spesies cyanobacteria yang mampu berfotosintesis. Dalam kata lain, tumbuhan hijau atau organisme lain dalam kategori ini mampu membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari dan enzim-enzim.

Para peneliti menemukan, hal yang berhubungan dengan warna hijau ini sangat penting bagi kelangsungan mahluk hidup. Sebab spesies cyanobacteria ini telah mengisi atmosfer bumi dengan miliaran oksigen dari beberapa tahun sebelumnya.

Warna yang dibuat dari perpaduan kuning dan biru ini juga seringkali dikaitkan dengan keharmonisan, kedamaian dan kesehatan mental yang lebih baik. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kedekatan dengan tanaman berwarna hijau akan membantu menurunkan tingkat depresi dan kecemasan. Selain itu, warna yang memberi efek dingin ini juga kerpa menjadi warna utama dalam sebuah lukisan tradisional. Lalu kemudian akan dipadukan dengan corak warna lain, seperti merah atau orange.

Studi terbaru menemukan, warna merah dan kuning adalah warna yang lebih sering diingat dibanding dengan warna biru dan hijau. Meski begitu, kita tahu bahwa warna hijau memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup.

Sumber : Detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami