Gempa Bumi Nepal Sudah Diprediksikan Seminggu Sebelumnya

Nasional / 28 April 2015

Kalangan Sendiri

Gempa Bumi Nepal Sudah Diprediksikan Seminggu Sebelumnya

daniel.tanamal Official Writer
5469
< !--[endif]-->

Ternyata gempa bumi yang mengguncang Nepal telah diprediksikan oleh para ahli gempa dan ilmuwan sosial dari seluruh dunia, yang tepatnya seminggu lalu berkumpul di Kathmandu. Saat itu mereka berkumpul untuk bekerja mengantisipasi gempa bumi besar yang diprediksi akan menimpa Nepal dan dianggap mirip dengan gempa yang menghancurkan ibukota itu pada 1934.

Tetapi meskipun mereka telah memprediksi gempa yang digambarkan akan dahsyat terjadi itu, mereka belum mengetahui lokasi serta tanggal pastinya ketika itu. "Semacam mimpi buruk yang menunggu untuk menjadi nyata. Yang terjadi secara fisik dan geologis adalah apa yang kami sudah prediksi," ujar seorang ahli gempa yang sekaligus Kepala Ilmu Bumi Universitas Cambridge, James Jackson seperti dilansir dari situs The Times of India, Minggu (26/4/2015).

Jackson menambahkan bahwa, dirinya tak menyangka gempa terjadi secepat itu. Bahkan ia sempat berkeliling di area yang menjadi pusat gempa Nepal. Pada saat itu, ia berpikir akan terjadi sesuatu di lokasi tersebut. "Saat itu saya melewati wilayah tepat dimana gempa terjadi dan saya berpikir pada saat itu juga wilayah tersebut akan menghadapi masalah," ungkapnya.

Sementara itu, Seismolog dari United States Geological Survey, David Wald menyatakan, getaran gempa yang sama dapat mengakibatkan efek yang berbeda di setiap wilayah tergantung faktor konstruksi bangunan dan populasi di wilayah tersebut

Misal, dengan getaran yang sama terjadi di California mungkin hanya menimbulkan korban 10-30 jiwa, tetapi di Nepal hingga 1.000 jiwa dan mungkin 10.000 jiwa untuk wilayah Pakistan, India, Iran, dan Tiongkok. Saat ini negara-negara di seluruh dunia menawarkan bantuan ke Nepal, yang dilanda bencana alam terburuk dalam 80 tahun terakhir.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami