Menemukan Sukacita Setiap Hari
Kalangan Sendiri

Menemukan Sukacita Setiap Hari

Puji Astuti Official Writer
      7708
Show English Version

Amsal 15:13
"Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat."

Bacaan Alkitab Setahun [kitab]Mazmu116[/kitab]; [kitab]IKori4[/kitab]; [kitab]Hakim20-21[/kitab]

Dengan kondisi di sekitar kita, masihkah Anda bisa memiliki hati yang gembira? Banyak orang saat ini mengalami stres dan depresi dengan berbagai tekanan kehidupan, baik di kantor, dilingkungan maupun keluarga. Namun seharusnya kita tidak dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kita. Karena sukacita sangat penting bagi diri manusia, bukan hanya secara mental namun juga fisik.

Putra Daud, Salomo yang bijak menulis, "Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat." (Amsal 15:13). Dia juga berkata, "Hari orang berkesusahan buruk semuanya, tetapi orang yang gembira hatinya selalu berpesta." (ayat 15). Rasa humor adalah pelumas bagi jiwa, untuk itu sangat penting memiliki rasa humor dalam hidup ini.

Rasa humor membuat kita bisa tertawa, bahkan menertawakan sesuatu yang bisa saja membuat seseorang merasa sedih atau kecewa. Ada beberapa hal yang harus mampu kita tertawakan:

Pertama adalah menertawakan kesalahan kita, walau tetap belajar dari kesalahan tersebut.

Kedua adalah mampu tertawa saat dikritik, dan tetap menerima kritikan tersebut dengan lapang dada tanpa harus merasa patah semangat, namun terus memperbaiki diri.

Ketiga mampu tetap tertawa atau paling tidak tetap bersukacita sekalipun tekanan hidup begitu berat.

Hati yang gembira membuat kita bisa tertawa baik dalam suka maupun duka. Sukacita kita bukan karena situasi atau kondisi, tetapi karena menyadari bahwa dalam segala keadaan Tuhan hadir dan Dialah sumber sukacita sejati.

Ikuti Kami